ATM memang menjadi solusi yang cepat untuk bisa memperoleh uang tunai. Dan berbagai cara pun dilakukan untuk bisa memberikan pengamanan lebih dalam penarikan uang di ATM. Dan salah satunya adalah implementasi teknologi facial recognition yang kini telah secara resmi hadir pada ATM di negara Cina.

ATM tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Universitas Tshinghua dengan Tzekwan Technology. ATM ini pun tentu saja dibangun untuk bisa meminimalisir adanya penarikan uang tunai secara ilegal oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Terlebih saat ini kerap terjadi aksi kejahatan yang berlangsung di ATM.

ATM ini dilengkapi dengan sebuah kamera yang akan menangkap gambar wajah dari penarik uang tunai. Selanjutnya, gambar tersebut pun akan dibandingkan dengan foto identitas yang sebelumnya telah tersimpan. Meskipun sudah menggunakan teknologi facial recognition, ATM ini juga masih tetap memakai PIN pada saat pengambilan uang tunai. Sebagai tambahan, ATM ini juga terhubung dengan bank serta kantor kepolisian lokal kalau-kalau ada tindakan yang mencurigakan.

Tak hanya mampu mengenali wajah, ATM ini juga diberikan kemampuan untuk mengenali uang asli. Menurut laporan yang dikutip dari Digital Trends, kemampuan pengenalan mata uang yang dimilik ATM ini mencapai 20 persen lebih baik jika dibandingkan dengan ATM biasa.

via Digital Trends