Hasil penelitian Hewlett-Packard (HP) menyatakan bahwa hampir 70% perangkat yang tersambung dengan internet memiliki tingkat kerawanan hacking.  Dalam penelitian ini, Hewlett-Packard menggunakan 10 macam teknologi tinggi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari termasuk webcam dan smart TV.

Jika dirata-rata, setiap perangkat memiliki tingkat kerawanan 25. Kerentanan yang cukup tinggi ini dipicu oleh tingkat keamanan password dan perlindungan software yang masih lemah.  8 dari 10  perangkat memiliki sistem password yang kurang kuat dalam menghadapi ancaman hacking.

hacker

Diprediksi akan ada sekitar 26 miliar perangkat teknologi yang tersambung dengan internet pada 2020, Diharapkan poduksi yang akan dilakukan dalam jumlah yang amat besar ini mampu menciptakan system proteksi yang lebih kuat.

Penelitian yang dilakukan HP ini merupakan bagian dari proyek OWASP (Open Web Application Security Project) yang bertujuan untuk megedukasi masyarakat terkait kemanan teknologi internet. Di era yang serba teknologi ini, ISE (Internet Security Education) mejadi amat penting. Namun kenyataannya, hanya segelintir orang saja yang memahaminya.

via Mashable

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here