Keberadaan aplikasi palsu di Google Play sudah bukan menjadi rahasia lagi. Dan kini, ESET pun menemukan setidaknya terdapat 33 aplikasi palsu yang bertebaran di Google Play dalam jangka 9 bulan terakhir. Salah satunya adalah sebuah aplikasi Cheat Minecraft palsu.

aplikasi cheat

Peneliti ESET Lukas Stefanko mengungkapkan kalau aplikasi palsu tersebut pun sudah diunduh dan diinstal oleh ratusan ribu pengguna Android di seluruh dunia. Kalau dikombinasikan, 33 aplikasi palsu tersebut telah diinstal di setidaknya 660 ribu hingga 2,8 juta kali.

Stefanko pun menyebutkan kalau aplikasi palsu seperti Cheat Minecraft di Google Play tersebut mengajak para penggunanya untuk berlangganan SMS premium. Dengan begitu, maka setiap minggunya akan terdapat biaya yang harus dibayarkan yakni sebesar 5,30 USD. Dan untuk tampil lebih meyakinkan, aplikasi palsu ini menggunakan beberapa nama vendor antivirus terkenal seperti G Data.

Aplikasi Cheat Minecraft palsu ini pun sebenarnya sudah ada di Google Play sejak bulan Agustus 2014. Bahkan sudah ada komentar negatif terkait aplikasi palsu tersebut di Google Play. Sayangnya, meski sudah memperoleh review yang jelek, masih saja ada pengguna Android yang keukeuh mengunduh serta menginstal aplikasi palsu ini.

via Softpedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here