Saat ini wearable untuk memonitor tingkat kebugaran pengguna sudah banyak ditemui, dan pengenalan detak jantung bukan merupakan barang baru lagi. Banyak perangkat mobile seperti smartphone yang sudah memiliki sensor pengenalan detak jantung, dan itu merupakan alat yang sangat praktis, karena kita bisa memantau tingkat kebugaran kapan saja.

BACtrack Skyn

Namun bagaimana jika kita ingin melihat kadar alkohol di dalam darah sepanjang hari untuk keperluan prosedur medis atau monitoring? Ya, kali ini telah ditemukan cara yang lebih praktis untuk memantau kadar alkohol di dalam darah.

Selama perhelatan National Institutes of Health (NIH) Wearable Biosensor Challenge, sebuah perusahaan dengan nama Bactrack menciptakan wearable disebut Skyn, perusahaan tersebut sebelumnya juga sempat menciptakan Breathalyzers.

Skyn sendiri pada dasarnya seperti wearable umum yang bisa Anda pakai di sekitar pergelangan tangan Anda dan melalui kontak langsung dengan kulit, akan dapat mengukur kadar alkohol dalam darah Anda. Bahkan perangkat terbukti sangat berguna karena telah memenangkan hadiah uang senilai $ 200.000 karena memiliki desain terbaik.

Meski mengukur kadar alkohol melalui kontak kulit kurang cepat jika dibandingkan dengan Breathalyzers, tapi karena ini merupakan produk wearable, pengguna dapat memantau terus kadar alkohol setiap 10 detik. Selain itu, ini relatif tidak akan mengganggu karena Anda bisa memakainya di sebuah bar dan tidak akan ada yang mengira jika Anda sedang mencoba untuk melihat berapa banyak Anda minum.

Namun itu tidak akan semudah dan secepat yang kita kira, karena dibutuhkan setidaknya waktu sekitar 45 menit untuk alkohol melewati sistem yang keluar melalui keringat. Sayangnya Skyn ​​belum mendapatkan sertifikasi dari FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) untuk persetujuan pemasaran, jadi jangan berharap untuk melihat ini tersedia secara komersial dalam waktu dekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here