Bagaimana Performa Nokia 6 dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 430?

Bagaimana Performa Nokia 6 dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 430?

BeritaTeknologi.com

Secara mengejutkan, HMD global baru saja meluncurkan smartphone Android terbaru miliknya di pasar Tiongkok yang bernama Nokia 6. Kehadiran smartphone yang selama ini dinanti-nanti tersebut memang terbilang mengejutkan, sebab HMD global dan Nokia tidak menyebarkan poster atau teaser apapun.

nokia-6

 

Selain itu, cukup banyak dari kita yang kecewa tentang fakta bahwa Nokia 6 akan dikirimkan dengan chipset Snapdragon 430 yang termasuk ke dalam kategori entry-level, meskipun dari spesifikasi lain Nokia 6 tergolong mumpuni. Banyak yang berharap jika Nokia 6 mengusung Snapdragon 652/625 atau chipset baru yang lebih gahar, yakni Snapdragon 653.

Kekecewaan pada dapur pacu smartphone ini terbayarkan dengan kapasitas RAM dan memori internal yang besar, serta mengingat harga dari smartphone ini yang tak begitu mahal. Namun yang selama ini menjadi pertanyaan besar, bagaimana performa Snapdragon 430 pada Nokia 6?

nokia-6-hmd-global

Chipset Snapdragon 430 adalah proseosr 8-core A-53 yang dibangun menggunakan proses 28nm dan memiliki clockspeed 1.4GHz dengan GPU Adreno 505. Prosesor ini mendukung OpenGL Es 3.1+ dan memiliki dukungan jaringan penuh. Beberapa smartphone yang menggunakan chipset ini termasuk Xiaomi Redmi 3S dan Lenovo K6  yang meluncur tahun 2016 lalu.

Sementara untuk hasil Geekbench prosesor Snapdragon 430 mampu mencetak 630 poin dalam tes single-core dan dan 2.742 poin dalam tes multi-core. Untuk kinerja grafis, Adreno 505 GPU mencapai skor 7,1 di Manhattan off-screen skor tes GFXBench ini.

Untuk menjalankan tugas-tugas dasar seperti sosial media atau messenger bukan hal yang sulit dilakukan oleh Snapdragon 430. Selain itu, chipset ini juga masih terbilang kuat untuk menangani beberapa permainan namun untuk game dengan grafis 3D yang berat akan mengalami sedikit kesulitan. Selain itu, performa grafis biasanya tidak lebih dari 6.0, sehingga skor 7.1 yang berhasil diraih akibat dari penggunaan OS Android Nougat.

Nokia 6 sendiri merupakan salah satu dari lima atau enam smartphone Nokia yang bakal meluncur tahun ini, dan tentu saja Nokia juga memiliki smartphone Android gahar lain dengan chipset powerfull Snapdragon 835.