Tampilan situs JD.id saat ini

Persaingan eCommerce raksasa di tanah air bakal semakin sengit. Sebuah toko online terkemuka asal Cina akan hadir ke tanah air. Toko online tersebut adalah Jingdong yang di negara aslinya mempunyai domain JD.com. Perusahaan tersebut pun kini sudah menyiapkan kedatangannya ke tanah air dengan situs di alamat JD.id.

Tampilan situs JD.id saat ini
Tampilan situs JD.id saat ini

Dalam situs barunya tersebut, Jingdong memang belum memberikan informasi yang banyak terkait kehadirannya ke tanah air. Mereka hanya menuliskan deskripsi singkat mengenai perusahaannya yang mempunyai kebijakan untuk mengirim barang secara langsung dari gudang mereka. Tak lupa, mereka juga menjanjikan sesuatu yang menarik serta berbeda jika dibandingkan dengan para pesaingnya.

Informasi menarik pun bisa diperoleh terkait harga domain yang dibeli oleh Jingdong. Menurut laporan dari Dailysocial.net, domain JD.id dibeli pada bulan April kemarin melalui PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Dari situs pun bisa diketahui informasi terkait pemilik dari laman JD.ID.

Nampak jelas dari penelusuran di Whois Pandi, situs JD.id ini didaftarkan oleh Jingdong yang mempunyai kantor pusat di Beijing. Pihak Jingdong pun memanfaatkan layanan RumahWeb sebagai perantara dalam pembelian domain tersebut. Menariknya, sebuah rumor berembus kalau alamat domain JD.id milik Jingdong tersebut dibeli dengan harga yang tinggi senilai 500 juta rupiah.

Jingdong sendiri merupakan sebuah perusahaan yang didirikan oleh Richard Liu pada tahun 1998 dengan nama Jingdong Mall. Namun mereka baru memulai layanan jual beli online pada tahun 2004. Pada tahun 2007, Jingdong Mall mengubah alamat domainnya menjadi 360buy.com. Dan terakhir, mereka kembali mengubahnya menjadi JD.com pada tahun 2013. Dan tentu saja, kemungkinan besar kehadiran Jingdong ke tanah air ini bakal semakin meramaikan penjualan produk berbasis elektronik.

(bhk/dailysocial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here