Smartphone saat ini banyak yang hadir dengan baterai berkapasitas besar mencapai 5000 mAh. Meskipun begitu, tak sedikit yang merasa kalau baterai berkapasitas raksasa tak membuat ponsel bisa bertahan lama. Namun jangan serta merta menyalahkan ponsel, bisa saja hal ini diakibatkan oleh aplikasi Facebook.

aplikasi facebook

Aplikasi Facebook, baik yang ada di Android ataupun iOS, ternyata mempunyai porsi yang sangat besar untuk masalah konsumsi energi baterai. Dengan menghilangkan keberadaan aplikasi Facebook di handphone, para pengguna smartphone pun bisa menghemat daya tahan baterai mencapai 20 persen.

Android Central pun mengungkapkan kalau dalam pengujian yang mereka lakukan, aplikasi Facebook di Android menyedot tak kurang dari 20 persen kapasitas baterai. Sementara itu wartawan The Guardian Samuel Gibbs mengatakan bahwa menghilangkan aplikasi Facebook dari iPhone 6S miliknya bisa meningkatkan daya tahan baterai sebesar 15 persen.

Alih-alih menggunakan aplikasi Facebook, pengguna smartphone pun lebih disarankan untuk memakai browser biasa. Gibbs dalam percobaannya mengatakan kalau membuka Facebook melalui Safari lebih efisien jika dibandingkan memakai aplikasi Facebook. Ditambah lagi, aplikasi Facebook ternyata juga mempunyai ukuran file yang cukup besar. Gibbs mengatakan dengan menghapus keberadaan aplikasi Facebook, dia bisa memperoleh tambahan ruang kosong di ponsel sebesar 500MB.

Menariknya, Gibbs hanya menghapus keberadaan aplikasi Facebook. Sementara itu Facebook Messenger masih dipakainya dan tidak terlalu banyak mengkonsumsi energi dari baterai. Selain Facebook, terdapat pula aplikasi penyedot baterai yang ‘berbahaya’ bagi ponsel. Aplikasi tersebut adalah Snapchat.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here