You are currently viewing Beberapa Pengguna Android Bakal Disarankan Aplikasi ‘Lite’ Oleh Google Play Store

Beberapa pengembang aplikasi populer saat ini telah membuat aplikasi versi ‘lite’ dari aplikasi utama mereka. Namun keberadaan aplikasi versi lite terkadang tidak terlalu terlihat karena memang bagi mereka yang tidak membutuhkan aplikasi versi lite, aplikasi ini tidak begitu berguna bagi mereka atau bahkan mereka tidak menyadari bahwa ada aplikasi versi lite dari aplikasi utama yang biasa digunakan.

Tampaknya Google kini memiliki upaya baru untuk memperkenalkan aplikasi lite atau bisa dikatakan merekomendasikan aplikasi lite untuk beberapa pengguna perangkat Android. Hal ini berarti Google Play Store akan lebih sering merekomendasikan Anda untuk menggunakan aplikasi tersebut. Tentu saja keputusan tetap ada pada pengguna masing-masing, entah ingin menggunakan versi lite atau versi full, namun setidaknya pengguna telah diberi opsional.

Sayangnya belum jelas bagaimana Google akan merekomendasikan aplikasi versi lite kepada pengguna, namun kemungkinan itu akan didasarkan pada perangkat yang digunakan oleh pengguna. Karena pada dasarnya aplikasi versi lite merupakan versi yang lebih ringan dan berukuran lebih kecil dari aplikasi utama, seperti Facebook, Twitter, Skype, dan lain-lain, jadi pengguna yang direkomendasikan adalah mereka yang menggunakan perangkat low-end atau mereka yang memiliki koneksi internet sangat lambat atau mahal.

Dengan semakin banyaknya aplikasi versi lite yang disarankan oleh Google Play Store, tentu ini sedikit membantu pengguna yang masih menggunakan perangkat dengan hardware rendah.

Reza Hendrawan

Penulis artikel junior yang memulai karir sebagai penulis di Berita Teknologi. Pengguna Android yang lebih suka membahas tentang perangkat mobile, aplikasi mobile, game dan gadget terbaru tentunya. Salam Tekno!

Leave a Reply