Sebuah saklar listrik canggih baru saja diperkenalkan oleh Belkin. Perangkat tersebut bernama Belkin WeMo Insight Switch yang secara khusus didesain untuk melakukan monitoring terhadap konsumsi listrik di rumah. Tak hanya itu, saklar ini juga dapat digunakan untuk mengontrol konsumsi power.

Perangkat ini mempunyai fitur WiFi di dalamnya, dan dilengkapi aplikasi WeMo yang digunakan untuk konfigurasi jaringan. Dengan saklar ini, penghuni rumah juga bisa mengatur jadwal dan mendapatkan notifikasi kapan perangkat listrik yang terhubung dimatikan. Terdapat beberapa cara untuk mengatur jadwal pada perangkat ini. Salah satunya adalah pengaturan berdasarkan waktu terbenam ataupun terbit matahari.

Untuk memudahkan monitoring konsumsi listrik, alat ini juga didesain untuk bisa sharing informasi menggunakan aplikasi Android dan iOS. Agar dapat bekerja, perangkat ini membutuhkan jaringan WiFi di dalam rumah. Belkin juga mendesain saklar ini dapat bekerja secara online dan mengaturnya dari jarak jauh menggunakan email ataupun sosial media.

Untuk mendapatkan perangkat ini, konsumen harus membayar sebesar 59.99 USD pada bulan November mendatang. Perangkat ini dapat bekerja dengan router, perangkat Android versi 4.0 atau di atasnya serta perangkat iOS 5.0 atau di atasnya.

via Slashgear

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here