Belum ada sebulan, Apple merilis sistem operasi terbarunya untuk jajaran perangkat pintarnya, iPhone, iPad, dan iPod. Sistem operasi terbaru ini menawarkan fitur baru, beberapa diantaranya adalah fitur Low Power Mode dan Split View pada iPad.

Namun ternyata, belum ada sebulan, sistem operasi ini sudah dapat di bobol alias di Jailbreak oleh kelompok hacker. Dilansir dari Liliputing, Kamis (15/10/2015), disebutkan bahwa kelompok hacker yang berhasil membuka bernama Pangu. Kelompok ini sebelumnya juga pernah merilis Jailbreak untuk iOS versi 7.1 hingga iOS 8.1.

pangu-ios9

Dengan software Jailbreak terbaru dari Pangu ini, memungkinkan perangkat Apple dengan iOS 9.0 hingga 9.0.2 dapat mengeksplor lebih banyak fitur-fitur yang sebelumnya tidak ditemukan bahkan tidak bisa dijalankan di perangkat Apple. Seperti pada contoh, pengembang pihak ketiga, Steve Troughton-Smith, menciptakan sebuah aplikasi yang memungkinkan perangkat Apple iPad generasi pertama dapat mengaktifkan fitur split view. Fitur ini sebenarnya hanya bisa dijalankan pada perangkat iPad Air 2, iPad mini 4, atau iPad Pro karena fitur split view hanya berjalan pada iOS 9.

Yang jelas, dengan adanya Jailbreak kita bisa mengeksplor lebih jauh fungsi-fungsi perangkat Apple dengan mengaktifkan beberapa konfigurasi yang disediakan oleh pihak ketiga. Namun perlu diketahui juga bahwa dengan melakukan Jailbreak, dengan begitu kita juga membuka celah kemanan yang sebelumnya ditutup oleh Apple. Sehingga, kita juga perlu mewaspadai aplikasi pihak ketiga yang bisa saja mencuri data-data pribadi kita.

(ND/Liliputing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here