speaker-bendera-main-musik

Setiap teknologi pasti berasal dari sebuah penemuan. Salah satu yang sedang hangat adalah penemuan dari Michigan State University (MSU) yang berupa speaker sekaligus mikrofon flexibel ini. Berbasis ferroelectret nanogenerator, mereka menamainya FENG.

Yang membuatnya menarik sejak pertama dilihat adalah bentuk dan dimensi dari speaker+mic ini yang sangat tipis seperti kain. Bahkan sampai bisa disematkan dalam bendera dan berkibar seperti gambar di atas.

Tim Sepulveda dari MSU melakukan dua tes untuk efek loudspeaker dengan memasukkan FENG ke dalam bendera MSU Spartan. Pertama tes sebagai speaker, FENG dihubungkan dengan iPad, bendera tersebut pun sukses memainkan musik yang dikirim lewat iPad. Sebaliknya untuk tes sebagai mikrofon, tim memanfaatkan FENG menjadi perangkat voice recognition untuk mengakses komputer.

Ini merupakan jembatan transformasi speaker+mic di masa depan. Bila kita masih beranggapan bahwa speaker yang bagus pasti besar dan mempunyai membran “raksasa”, maka penemuan ini berhasil membuktikan sebaliknya.

Tonggak Perangkat Wearable Masa Depan

Wei Li, penulis utama dari journal dalam studi ini menyebutkan, kini banyak orang berfokus pada aspek elektronik fleksibel. Inilah mengapa penemuan ini menjadi sesuatu yang penting dan bertahan. “Tapi kami juga akan berfokus pada aspek teknologi hasil suara dan kemampuan mendengar juga.” tambah Wei.

e-ink-watch-stylish

Dengan teknologi yang terus dikembangkan, FENG bisa menjadi fondasi bagi perangkat audio generasi mendatang. Misalnya pengeras suara yang bisa dilipat, patch keamanan suara untuk komputer atau laptop, koran yang bisa membaca sendiri, bahkan untuk perangkat seperti jam E-ink yang tipis dan elegan, menjadi smartwatch futuristik.

Yang terdekat, bisa saja perangkat ini digunakan untuk smartphone agar lebih tipis, kecil, dan ringan dari sebelumnya. Bila sahabat tertarik lebih jauh, journal asli dari FENG bisa sahabat lihat di laman ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here