Beberapa bulan lalu kita sempat diramaikan oleh berita adanya prosesor terbaru dari MediaTek MT6797 alias Helio X20. Pengumuman ini tidak berlangsung lama dari peluncuran juniornya, Helio X10, yang mana digunakan oleh beberapa perangkat smartphone seperti Xiaomi Redmi Note 2. Hingga kini, kabar dari prosesor yang memiliki 10 core ini masih simpang siur lantaran belum adanya info detail dari performa SoC ini.

helioox20-00

Namun belum lama ini beredar sebuah bocoran yang mana menampilkan hasil benchmark dari MediaTek Helio X20. Seperti yang dikutip dari Gizchina, Jumat (22/1/2016), bocoran ini berupa gambar screenshot, yang beredar di situs microblogging Tiongkok, Weibo. Dari gambar tersebut, ditampilkan beberapa detail grafik hasil pengujian beberapa pengujian dengan aplikasi AnTuTu Benchmark, yang menampilkan poin sebesar 85.632.

Skor di atas memang bisa dibilang tinggi dan melampaui beberapa SoC seperti Qualcomm Snapdragon 810 dan Samsung Exynos 7420, namun perlu diketahui bahwa keduanya telah mempersiapkan amunisi baru, Snapdragon 820 dan Exynos 8890 yang kabarnya mampu menembus poi lebih dari 100.000. Bahkan bila dibandingkan dengan SoC milik Huawei, Kirin 950, Helio X20 masih sedikit tertinggal.

Skor benchmark Helio X20 dengan total poin sebanyak (Kredit: Weibo)
Skor benchmark Helio X20 dengan total poin sebanyak 85.632 (Kredit: Weibo)

Dari informasi yang beredar, smartphone yang digunakan pada pengujian ini adalah milik HTC, yang mana memiliki resolusi layar seluas 2K, RAM sebesar 3GB, memori internal berkapasitas 32GB, kamera 21 megapiksel pada bagian belakang dan 13 megapiksel pada bagian depan.

Sebelum Anda kecewa perlu diingat bahwa hasil pengujian tersebut masih menggunakan prosesor percobaan. Apalagi Helio X20 sendiri belum diproduksi secara masal, jadi masih ada kemungkinan bahwa Helio X20 ini memiliki potensi lebih baik.

(ND/Gizchina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here