(Kredit: Digitaltrends)

Seorang pria asal India bernama Arun Sureshkumar berhasil mendapat rezeki nomplok dari Facebook. Tidak tanggung-tanggung, dia memperoleh hadiah uang sebesar 16 ribu USD atau setara 210 juta rupiah dari jejaring sosial terbesar dunia itu.

Uang 210 juta rupiah diberikan kepada Sureshkumar bukan secara cuma-cuma. Uang itu merupakan hadiah karena Sureshkumar telah menemukan celah keamanan yang bisa digunakan untuk meretas Page Facebook.

(Kredit: Digitaltrends)
(Kredit: Digitaltrends)

Sureshkumar mempunyai metode yang memungkinkannya untuk membajak Page Facebook milik orang lain atau sebuah perusahaan. Dia melakukan hal itu karena menemukan celah keamanan pada aplikasi Facebook Business Manager yang digunakan untuk mengatur Page Facebook.

Dalam pernyataannya seperti dikutip dari Softpedia, Sureshkumar mengungkapkan kalau celah keamanan pada Page Facebook itu terletak pada IODR (Insecure Direct Object Reference). Seorang hacker bisa memanfaatkan celah keamanan ini dengan memotong request HTTP yang dialamatkan ke server Facebook.

Dari situ, hacker bisa dengan leluasa mengacak-acak parameter Page Facebook. Termasuk di antaranya adalah menunjuk dirinya sendiri sebagai administrator dari sebuah Page Facebook yang sebelumnya telah disukainya. Sureshkumar mengatakan kalau metodenya itu bahkan bisa pula dipakai untuk meretas Page Facebook tokoh terkenal seperti Barack Obama ataupun Bill Gates.

Menariknya, hadiah uang 210 juta rupiah ini bukanlah kali pertamanya yang diterima Sureshkumar dari Facebook. Pada bulan April 2016 lalu, Sureshkumar juga memperoleh hadiah serupa dari Facebook karena menemukan cara membobol akun Facebook. Pada saat itu, dia memperoleh uang tunai sebesar 10 ribu USD atau setara 131 juta rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here