Google memang selalu di barisan terdepan akan inovasi teknologi, seperti mobil self-driving atau mobil yang dapat mengemudi sendiri. Namun akhir bulan lalu mobil self-driving milik Google dilaporkan menghantam sebuah bus umum berpenumpang. Google pun telah mengakui kesalahannya atas kecelakaan yang melibatkan mobil self-driving miliknya.

Lexus SUV Google Self-Driving car

Pada berita yang muncul akhir bulan lalu tidak menyertakan video maupun gambar terjadinya kecelakaan itu. Namun kali ini sebuah video yang menggambarkan bagaimana mobil Google “Mencium” sisi kanan bus berpenumpang itu telah diunggah di situs YouTube.

Kecelakaan itu sendiri terjadi ketika atau bertepatan dengan hari Valentine, di mana mobil self-driving Google menghantam sisi kanan bus umum di kota Silicon Valley, Mountain View, California, AS. Untungnya, ada kamera di bus yang berhasil merekam apa yang terjadi, di mana ia juga menunjukkan reaksi para penumpang dan sopir yang kaget dan segera keluar dari bus.

Mobil Lexus SUV digunakan oleh Google untuk berkeliling secara mandiri tanpa dikendalikan oleh manusia, di mana mobil juga telah dilengkapi dengan barbagai alat penunjang seperti sensor dan kamera, yang memungkinkan mobil mengemudi sendiri. Tiba-tiba mobil milik Google itu menyelinap di jalus bus yang kala itu mereka jalan dengan kecepatan cukup lambat, yakni sekitar 24 kmh.

Video dan foto pasca-kecelakaan itu dirilis oleh Santa Clara Valley Transportation Authority minggu ini, sesuai laporan permintaan dari publik. Kerusakaan yang dialami lebih parah terjadi pada mobil Lexus SUV itu, bagian depan mobil penyok dan ban depan yang terlihat kempes. Sedangkan bus berpenumpang itu hanya mengalami sedikit penyok di bagian pintu.

https://www.youtube.com/watch?time_continue=89&v=I9T6LkNm-5w

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here