Ada beberapa game yang dirilis secara eksklusif untuk perangkat konsol, seperti serial God of War yang dirilis untuk konsol PlayStation. Strategi ini merupakan teknik marketing yang sang produsen sudah umum, agar konsumen membeli perangkat konsol tersebut. Sama halnya dengan perangkat PC, yang juga memiliki game eksklusif yang tak ada di perangkat konsol.

ps-now-1

Namun kini gamer PC patut berbangga, karena akhirnya game PlayStation 3 bakal dapat dicicipi oleh perangkat PC. Seperti yang baru saja dilontarkan Sony melalui blog resminya, gamer PC bakal dapat memainkan game ekslusif seperti serial God of War, The Last of Us, dan Uncharted. Sony tidak melakukan porting, namun gamer PC dapat memainkan melalui layanan cloud gaming dari Sony, PlayStation Now.

Tidak perlu komputer dengan spesifikasi sangar untuk dapat mencicipi game PlayStation 3 ini, karena hanya membutuhkan komputer/laptop dengan prosesor Intel Core i3 atau AMD A10, RAM 2GB dan sebuah port USB. Ya, hanya itu saja yang disiapkan. Namun untuk dapat menikmati layanan ini, setidaknya dibutuhkan koneksi internet yang kencang dan stabil, minimal berkecepatan 5Mbps.

ps-now-2

Jadi bagi yang masih belum paham, nantinya gamer PC tidak perlu membeli perangkat konsol PlayStation 3, karena kita hanya memanfaatkan fitur cloud gaming melalui koneksi internet. Hanya saja akan dikenai biaya sewa perbulannya atau per-game yang dimainkan. Saat ini kabarnya Sony sudah menyediakan 400 judul game PlayStation 3.

Sayangnya PlayStation Now hanya akan tersedia di benua Eropa dan Amerika Serikat. Masih belum diketahui apakah bakal tersedia juga untuk region Asia Tenggara.

Tidak hanya itu saja, Sony juga baru saja memperkenalkan sebuah dongle DualShock 4 USB Wireless Adaptor, yang digunakan untuk menghubungkan DualShock 4 ke perangkat PC secara nirkabel alias tanpa kabel. Harganya sendiri dongle ini bakal dipatok dikisaran 24.99 USD atau berkisar 340 ribu Rupiah, serta bakal tersedia pada awal bulan September mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here