Apakah Anda pernah terpikir untuk berkreasi membuat tampilan 3D buatan sendiri? Bila demikian adanya, Anda tak perlu bersusah payah menggunakan perangkat atau software apapun yang harganya mahal hanya untuk membuat tampilan 3D saja. Pasalnya kini telah hadir aplikasi Trimensional berbasis iPhone yang mampu membantu Anda untuk berkreasi sendiri dalam membuat tampilan-tampilan 3D yang menarik. Dan untuk mendapatkan aplikasi inipun, kabarnya Anda cukup membayar hanya 1 USD atau sekitar 8500 rupiah saja.

Dengan aplikasi ini, yang pasti Anda bisa mengubah iPhone Anda menjadi sebuah scanner 3D. Dan pada update-an software terbarunya ini, memungkinkan model 3D Anda bisa diubah menjadi video animasi. Dan bahkan seniman profesional dan desainerpun kabarnya dapat memperluas fungsionalitas aplikasi Trimensional tersebut dalam mengekspor hasil kreasi mereka ke bentuk aplikasi 3D atau program CAD.

Pembuat aplikasi Trimensional ini sendiri bernama Grant Schindler yang merupakan salah seorang ilmuwan peneliti di Georgia Tech College of Computing. Cara penggunaanyapun sangat sederhana dan mudah. Dengan cukup mempergunakan layar iPhone yang ada, aplikasi ini secara cepat mengatur pola pencahayaan yang berbeda-beda terhadap apa pun yang berada tepat di hadapannya.

Keberadaan kamera bagian depan pada iPhone 4, iPod Touch 4G, ataupun iPad 2 akan sangat membantu cara kerja aplikasi Trimensional ini. Aplikasi yang ada akan langsung mengkonversi hasil jepretan kamera tersebut ke bentuk tampilan 3D-nya. Selain itu, Anda juga dapat memperbesar dan menjelajahi model 3D dari sudut manapun, serta mengekspornya ke dalam format file tertentu.

“Anda dapat bersenang-senang dengan aplikasi ini, atau jika Anda bekerja dengan model 3-D, Anda dapat menggunakannya secara profesional”, kata Schindler.

Sambil menjelaskan bagaimana aplikasi ini bekerja, Schindler pun juga menyatakan, “Jika Saya mengambil scan wajah Saya, aplikasi tersebut akan mengkonfirmasi apakah tampilannya seperti ini kalau pencahayaannya dari sisi kiri, apakah tampilannya seperti itu kalau pencahayaannya dari sisi kanan, dan sebagainya”.

“Salah satu jawabannya dalam bentuk tampilan tiga dimensi per pixel, yang merupakan kombinasi dari semua hasil jawaban yang ada ke dalam model 3-D secara lengkap”, kata Schindler.

Trimensional versi 1.02 ini mengusung kemampuan untuk membuat film Quicktime dari rotasi model 3D apapun, atau untuk membuat animasi GIF dari rotasi model 3D apapun. Sebuah gerakan baru yang kini memungkinkan penggunanya mengulang-ulang rotasi model dalam tampilan 3D.

Sedangkan untuk fungsi ekspor Model 3D (yang hanya tersedia jika Anda membeli aplikasi yang resmi) memungkinkan pengguna profesional mengekspor hasil scan apapun dalam bentuk file OBJ, STL, atau Ply melalui email, dengan optional mesh smoothing.

PhloSoft adalah nama perusahaan yang berkepentingan di balik pengembangan aplikasi Trimensional ini, juga turut menjelaskan kekhasan setiap format yang ada, dan bagaimana cara menggunakannya:

  • OBJ: model poligonal pemetaan tekstur kompatibel dengan Maya, Blender, dan sebagian lain paket perangkat lunak 3D
  • STL: geometri watertight cocok untuk cetak 3D
  • Ply: titik-titik dengan informasi posisi (XYZ) dan warna (RGB) per vertex.

Berhubung perbaikan lebih lanjutnya sendiri saat ini masih dalam pengerjaan. Maka bila Anda ingin berbagi ide & gagasan tentang suatu fitur baru yang mungkin bisa diterapkan dalam aplikasi Trimensional ini, kiranya dapat menghubungi pihak PhloSoft melalui tombol Feedback yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here