Bersama Dukungan Chipset 400 Series, Prosesor AMD Ryzen Pinnacle Ridge Siap Debut...

Bersama Dukungan Chipset 400 Series, Prosesor AMD Ryzen Pinnacle Ridge Siap Debut Maret Mendatang

Jika Anda begitu penasaran dengan apa yang AMD bakal kembali tawarkan untuk keberadaan desktop mainstream di tahun 2018 ini, boleh jadi Anda akan segera mengetahuinya dalam waktu dekat ini.

Berdasarkan suatu pemberitaan terbaru yang beredar di Jepang baru-baru ini, rumor kehadiran prosesor penerus mainstream AMD Ryzen berikutnya yang menyandang codename Pinnacle Ridge dilaporkan bakal diluncurkan sekitar bulan Maret yang akan datang. Hal ini tentunya berbeda sebulan dari waktu peluncuran yang beredar bulan September tahun lalu sebelumnya yang menyebutkan kalau peluncuran baru akan terjadi pada bulan Februari 2018.

Kehadiran prosesor Pinnacle Ridge sendiri bisa dibilang untuk menandai beralihnya AMD dari proses pembuatan 14nm (yang biasa digunakan pada prosesor berbasis Summit Ridge saat ini) ke node LP 12nm. Beralihnya AMD ke proses LP 12nm, diharapkan akan membawa terobosan baru terutama yang berkaitan dengan peningkatan kecepatan clock dan juga efisiensi yang signifikan secara keseluruhan. Prosesor berbasis Pinnacle Ridge kemungkinan akan melanjutkan kehebatan Ryzen 7, Ryzen 5 dan Ryzen 3 yang ditempati prosesor Summit Ridge saat ini.

Selain kehadiran prosesor Pinnacle Ridge, AMD kabarnya juga akan meluncurkan keberadan chipset motherboard 400 Series yang menjadi dukungan andalannya. Menurut PCI-SIG, chipset AMD terbaru tersebut dikembangkan di bawah codename Promontory, yang memang sengaja ditujukan bagi ketersediaan motherboard A420, B470 dan X470 saat diluncurkan.

Selain mendapatkan lonjakan pada spesifikasi PCI Express yang ada dari jalur PCIe 2.0 di 5GT/s hingga PCIe 3.0 pada 8GT/s, motherboard berbasis chipset AMD 400-Series ini juga akan mempertahankan kompatibilitas soket AM4. Dukungan AM4 pada prosesornya seperti apa yang diungkapkan AMD, setidaknya baru akan terealisasi pada tahun 2020 yang akan datang.

NO COMMENTS

Leave a Reply