Sistem keamanan biometrik memang sedang menjadi tren saat ini. Banyak perangkat terbaru yang sudah mengusung fitur ini secara bawaan. Meski tak mengusung fitur ini secara bawaan, namun perangkat Anda juga bisa menikmati sistem keamanan biometrik menggunakan dongle eksternal.

bio-key-sideswipe-768x576

Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ini adalah BIO-key International yang sudah terkenal dalam membuat perangkat lunak dan perangkat keras biometrik. Kali ini perusahaan memperkenalkan Sideswipe, SideTouch dan EcoID yang merupakan tiga aksesoris pembaca sidik jari USB dengan dukungan untuk Windows Hello pada Windows 10.

bio-key-sidetouch

Seperti namanya, Sideswipe memungkinkan Anda menggesek untuk mendaftar sidik jari dan SideTouch merekam sidik jari Anda hanya dengan menyentuh. Sementara EcoID juga masih menggunakan basis sentuhan, namun dimaksudkan untuk perangkat desktop dan workstation yang menjalankan OS Windows 7, 8.1, dan 10. Sedangkan Sideswipe dan SideTouch lebih cocok digunakan untuk tablet dan laptop yang menjalankan OS Windows 8.1 dan 10.

bio-key-ecoid

Perusahaan mengklaim jika dongle pembaca sidik jari ini sangat awet meski digunakan setiap saat. Dengan adanya aksesoris tambahan ini, Anda tak perlu repot-repot lagi mengetik password untuk membuka komputer Anda.

Selain itu, dengan harganya yang tidak begitu tinggi, ini bisa menjadi alternatif scanner fingerprint lainnya yang rata-rata dibanderol dengan harga yang cukup tinggi saat ini. BIO-key SideSwipe, SideTouch dan EcoID tersedia di toko online Microsoft Store dan toko ritel di AS dengan harga masing-masing $39,99 (Rp500 ribuan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here