Bioo Lite, Charger Canggih yang Memanfaatkan Hasil Fotosintesis Tumbuhan untuk Mengisi Baterai Ponsel

Sebuah hasil kreasi teknologi yang sangat menarik diperlihatkan oleh perusahaan teknologi asal Barcelon,a Arkyne Technologies. Mereka kini telah mengungkapkan keberadaan charger smartphone berbentuk pot yang mereka sebut dengan nama Bioo Lite. Bioo Lite ini pun tak butuh colokan listrik untuk bisa mengisi baterai smartphone. Sebagai gantinya, charger berbentuk pot ini hanya membutuhkan tanaman.

charger Bioo Lite (kredit: Arkyne Technologies)
charger Bioo Lite (kredit: Arkyne Technologies)

Pihak Arkyne mengungkapkan kalau charger smartphone buatannya ini didesain untuk bisa menangkap energi hasil fotosintesis tanaman yang selanjutnya dimanfaatkan untuk mengisi baterai smartphone. Pemilik ponsel pun selanjutnya bisa mengisi baterai smartphone ataupun tablet melalui kabel USB yang tersedia pada charger berbentuk pot tanaman ini.

Arkyne Technologies pun mengklaim kalau charger Bioo Lite buatannya mampu digunakan untuk melakukan pengisian smartphone tiga kali dalam satu hari. Proses pengisian baterai smartphone pun bisa dilakukan kapan saja, baik siang ataupun malam hari. Namun dibandingkan charger lain, Bioo Lite ini mempunyai output yang terbilang kecil, dengan tegangan 3,5 volt dan arus sebesarĀ 0,5 ampere.

Selain itu, pihak Arkyne menjelaskan kalau setiap tumbuhan menghasilkan energi listrik yang berbeda. Jadi proses pengisian yang dilakukan pun bergantung pada jenis tanaman yang digunakan. Selain itu, Bioo Lite ini hanya mampu bekerja jika menggunakan tanaman yang masih hidup.

Pot ini tersedia dengan ukuran 21 x 11 x 11 cm dan bisa diperoleh melalui proyek crowdfunding di Indiegogo dengan membayar sebesar 112 USD. Target penggalanan dana sebesar 17 ribu USD pun sudah tercapai, dan menurut rencana charger berbentuk pot bertenaga tumbuhan ini akan dikirimkan kepada para penggalang dana pada bulan Desember mendatang.

(BHK)

Share This Post