Canon baru saja menarik sebanyak 14 ribu produk PowerShot SX50HS miliknya dari pasar Amerika Serikat. Penarikan tersebut mereka lakukan karena ditemukan adanya dampak yang buruk pada kesehatan penggunanya. Mereka pun menemukan bahwa beberapa bagian dari kamera tersebut terindikasi bisa menimbulkan alergi.

sx50_hs_masalah

Pihak Canon Amerika mengatakan bahwa bahan kimia yang digunakan pada bagian karet viewfinder di kamera tersebut bisa menyebabkan mata iritasi atau reaksi alergi bagi penggunanya. Namun tak semua kamera digital tersebut berdampak buruk. Blog Photography mengungkapkan bahwa dampak negatif ini hanya dijumpai pada sebagian besar produk yang dibuat mulai dari 1 September hingga 15 September 2013.

Selanjutnya, pihak Canon pun telah mengetahui bahwa karet pada bagian viewfinder akan berubah warna menjadi putih setelah digunakan dalam waktu yang cukup singkat. Pihak Canon pun telah melakukan investigasi terhadap masalah ini. Hasil investigasi tersebut menunjukkan kalau perubahan warna menjadi putih pada karet tersebut karena adanya zinc bis.

Zinc bis sendri biasanya tak digunakan pada proses produksi kamera. Pihak perusahaan biasanya menggunakan bahan tersebut untuk melakukan pengujian sebelum kamera dipasarkan. Pihak perusahaan pun mengakui adanya insiden yang mengakibatkan penggunaan zinc bis dalam proses produksi.

via Photography