Lenovo saat ini berhasil menjadi penguasa pasar PC dunia, dimana perusahaan tersebut saat ini menguasai 21,6% pasar PC di dunia menurut IDC. Baru-baru ini Lenovo dan Fujitsu menggabungkan (merger) bisnis PC mereka. Perusahaan asal Jepang itu saat ini memiliki pangsa pasar 4%, dimana penggabungan tersebut akan membuat pangsa Lenovo melonjak menjadi 25,6%.

Sebenarnya berita mengenai merger bisnis PC dua perusahaan ini sudah mulai terdengar sejak tahun lalu, namun pada saat itu Fujitsu tidak setuju menandatangani kesepakatan dengan Lenovo. Selain itu, merger bisnis ini juga melibatkan Development Bank of Japan.

Ketiga anggota merger tersebut akan membentuk usaha patungan senilai 17850000000 Yen (~ $ 156 juta). Lenovo akan memegang 51% dari bisnis PC Fujitsu sementara Development Bank of Japan akan mengendalikan 5%. Selain menghasilkan restrukturisasi pada perusahaan, kesepakatan itu juga memungkinkan Fujitsu mengalihkan lebih banyak sumber daya yang mereka miliki ke dalam layanan TI yang bekerja dengan baik.

Pengumuman itu juga menyebabkan saham Fujitsu untuk turun 2% setelah awalnya naik 7,8% pada bulan lalu menyusul berita dari kesepakatan dengan Lenovo. Sebenarnya, rencana awal Fujitsu adalah melakukan merger dengan produsen PC Jepang lainnya yang gagal seperti Toshiba dan Vaio namun sayangnya, sebuah kesepakatan tidak terwujud di antara mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here