Sejatinya, smartwatch alias jam pintar bentuknya seperti jam pada umumnya, terdiri dari jam itu sendiri, dan strap yang menempel. Namun bagaimana jadinya jika strap yang biasa menempel pada jam ini dapat dibongkar pasang? Jangan salah sangka dulu, strap yang satu ini bukan strap sembarangan.

blocks-02

Dilansir dari Liliputing, Kamis (8/10/2015), salah satu smartwatch dengan nama Blocks ini memiliki desain yang berbeda dengan smartwatch lainnya. Smartwatch ini didesain sesuai dengan kebutuhan penggunanya, dengan strap yang dapat dibongkar pasang. Tapi strap ini merupakan komponen modul, penunjang dari kinerja smartwatch Blocks ini.

blocks-01

Komponen modul yang tersedia rencananya antara lain, baterai, kamera, NFC, sensor deteksi detak jantung, dan GPS, dan strap dengan modul tersebut dapat diganti dengan mudah. Ingin jam pintar ini lebih awet dan tahan lama? Pasangkan saja strap dengan modul baterai 2 atau 3 buah, sehingga tidak perlu khawatir kehabisan daya. Tidak ingin memasang banyak modul? Gunakan saja strap tiruan yang bentuknya mirip dengan komponen modul yang tersedia, sehingga jam ini tetap dapat digunakan.

Blocks bekerja sama dengan perusahaan asal Taiwan, Compal untuk memproduksi jam bongkar pasang ini. Untuk perangkat jamnya sendiri, layar yang digunakan sudah menggunakan teknologi layar sentuh OLED. Kabarnya Blocks menggunakan SoC dari Qualcomm, Snapdragon 400, untuk menunjang segala akitifitas smartwatch ini. Untuk fitur lain, smartwatch ini ditanami Bluetooth, WiFi, sensor gerak, mikrofon untuk mengenali perintah suara, dan menggunakan sistem operasi Android Lollipop.

blocks-0

Rencananya Blocks akan diperkenalkan pada situs kickstrater pada 13 Oktober mendatang, dan diperkirakan proyek Blocks ini akan selesai pada pertengahan Juni 2016. Soal harga, smartwatch Blocks ini dipatok dengan harga 250 USD atau 3.5 juta Rupiah, dilengkapi dengan 4 komponen modul.

(ND/Liliputing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here