Bluboo Xtouch (Kredit: PhoneArena)

Penggunaan printer 3D memang sekarang ini marak digunakan untuk membuat benda kecil dengan detail yang tajam seperti miniatur atau sebuah mainan kecil. Namun penggunaan 3D printing tak hanya sebatas membuat benda-benda kecil saja, bahkan sekarang mulai merambah ke produksi smartphone.

Bluboo Xtouch (Kredit: PhoneArena)
Bluboo Xtouch (Kredit: PhoneArena)

Seperti yang diwartakan PhoneArena, Selasa (3/11/2015), vendor pertama yang mengembangkan smartphone menggunakan printer 3D adalah Bluboo. Perusahaan mengatakan bahwa smatphone Bluboo Xtouch adalah smartphone pertama yang menggunakan teknik 3D printing untuk memproduksi panel belakang smrtphone.

BluBoo Xtouch

Tak hanya menciptakan inovasi dengan menggunakan 3D printer saja, namun setelah dicetak menggunakan printer 3D, Bluboo juga menambahkan craft film nano komposit agar menciptakan kesan seperti kristal atau diamond sehingga tampilannya menjadi lebih elegan.

Sedangkan untuk sisi spesifikasinyan, Bluboo Xtouch mengusung layar seluas 5 inci dengan resolusi Full HD 1920×1080 piksel yang juga telah dilapisi dengan Gorilla Glass 3 yang sangat kuat. Untuk sektor dapur pacu di tenagai oleh chipset MediaTek MT6753 SoC yang memiliki prosesor octa core serta dipadukan dengan RAM 3 GB LPDDR3 dan storage 32 GB yang bisa diperluas menggunakan micro SD.

Pada sektor fotografi, smartphone ini mengandalkan kamera utama berkekuatan 13MP serta kamera depan berkekuaran 8MP untuk menangani kebutuhan selfie atau video call. Bluboo Xtouch telah menjalankan sistem operasi Android 5.1 serta dibekali dengan baterai 3.050mAh. Untuk ketersediaannya belum diketahui tanggal rilisnya, sedangkan untuk hargannya ditaksir mencapai USD 150 atau sekitar 2 juta Rupiah.

(RH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here