Konektivitas Bluetooth kini menjadi menjadi fitur yang wajib dalam sebuah produk perangkat elektronik. Bluetooth menjadi sarana untuk menghubungkan antar gadget dalam rentang yang berdekatan. Biasanya, Bluetooth berguna untuk pemakaian mouse, keyboard, headset, speaker, dan berbagai jenis perangkat berbasis wireless lain.

bluetooth-5

Kabar baiknya, saat ini telah muncul standar terbaru Bluetooth, yakni Bluetooth 5 menggantikan keberadaan standar Bluetooth 4.2 terdahulu. Sebagai versi terbaru, Bluetooth 5 pun memiliki fitur yang lebih canggih dan lebih bermanfaat dibandingkan versi yang lama.

Bluetooth Special Interest Group seperti dikutip dari Liliputing mengungkapkan, terdapat empat peningkatan utama yang bisa dijumpai pada Bluetooth 5, yakni:

  • Peningkatan daya jangkau Bluetooth hingga 4 kali lipat dibandingkan Bluetooth 4.2 dan tetap hemat energi
  • Peningkatan kecepatan hingga dua kali lipat
  • Peningkatan kemampuan untuk broadcast pesan hingga 8 kali lipat
  • Mengurangi interferensi dari sinyal perangkat wireless lain.

Penambahan jangkauan ini memberi peran yang sangat penting pada konektivitas wireless. Dengan keberadaan peningkatan ini, sinyal wireless bisa menjangkau lingkup industri, lingkungan luar, ataupun keperluan komersial yang tidak terbatas.

Dan, keberadaan Bluetooth 5 ini juga menjadi peran yang penting dalam pengembangan perangkat berbasis Internet of Things (IoT) yang mengandalkan konektivitas antarperangkat. Para developer pun memiliki kebebasan lebih luas untuk bisa mengembangkan perangkat IoT berkat kehadiran Bluetooth terbaru ini.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here