Sejak tahun lalu Google sudah dikabarkan tengah menggarap sistem operasi baru untuk smartphone, dimana OS tersebut memiliki kode nama Fuchsia, namun pada saat itu Fuchsia ada hanya sebagai command line saja. Tampaknya saat ini OS tersebut sudah jauh berkembang jauh lebih baik lagi, karena berkat laporan dari Ars Technia kita bisa mengetahui bocoran screenshot dari sistem operasi tersebut.

Fuchsia

Untuk saat ini memang belum diketahui secara pasti apa yang direncanakan oleh Google untuk Fuchsia, namun ada hal yang perlu dicatat bahwa tidak seperti Android atau Chrome OS, OS Fuchsia tidak berbasis pada Linux. Sebaliknya OS itu tampaknya didasarkan pada microkernel milik Google sendiri yang disebut Magenta. Sepertinya Google ingin mengejutkan bahwa mereka akan meninggalkan Linux, namun ada poin penting dimana Google Pixel masih menggunakan Kernel Linux 3.18 yang dirilis sejak tahun 2014 lalu.

Untuk sebagian besar orang awam akan bertanya-tanya sebenarnya apa perbedaan antara Fuchsia dan Android. Namun terlepas dari rencana apapun untuk sistem operasi Fuchsia, tampaknya ini lebih dari sekedar eksperimen atau lebih tepatnya Google sangat serius dengan proyek sistem operasi terbarunya.

Di sisi lain, Travis Geiselbrecht selaku developer Fuchsia mengatakan jika OS Fuchsia “bukanlah hal yang main-main, itu bukan proyek 20%, itu bukan tempat pembuangan dari hal mati yang kita tidak peduli lagi tentangnya.” Jika Google berencana menghadirkan OS ini untuk smartphone miliknya di masa yang akan datang, hal itu cukup menarik karena Fuchsia sangat berbeda dari Android. Namun kita harus menanti informasi yang lebih lanjut lagi mengenai sistem operasi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here