Pengembangan smartphone modular oleh Google melalui Proyek Ara terus menuju arah maju. Terlebih sebelumnya Google telah mengungkapkan kalau mereka akan merilis smartphone modular pertama miliknya pada awal tahun 2015. Lalu sejauh mana progres dari proyek smartphone unik ini?

Pimpinan Proyek Ara Paul Eremenko mengatakan kalau handphone modular Ara tersebut bakal hadir dengan fitur kustomisasi yang tinggi. Pemilik handphone pun bisa melakukan upgrade hardware perangkat smartphone miliknya kapan saja. Baik itu dari segi layar, prosesor, kamera, RAM dan lain-lain.

smartphone modular ara_1

Dari situ, nampaknya tidak ada perubahan berarti dengan informasi yang telah berkembang hingga saat ini. Namun Eremenko mengatakan kalau penggunaan OS Android L pada handphone modular tersebut akan memberikan dampak tersendiri. Platform Androdi L mendukung hot-swapping. Fitur ini memungkinkan pemilik smartphone untuk mengganti sebagian besar module handphone tersebut tanpa harus melakukan booting atau mematikan smartphone.

Namun tentu hal ini tak berlaku untuk semua jenis komponen. Untuk prosesor dan layar, tentu proses rebooting perlu dilakukan. Semetara untuk komponen seperti kamera dan sensor tambahan dapat dilakukan tanpa mematikan handphone.

via Liliputing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here