Untuk saat ini, situs yang mengalami pelanggaran data bukan menjadi hal yang aneh lagi karena saat ini sering ditemui situs yang diincar oleh penyerang atau hacker yang mengikuti data pengguna mereka. Pengguna umum tidak mungkin melacak satu-satu situs web yang mereka kunjungi, untuk menemukan situs yang telah diserang. Hal itulah yang mendorong Mozilla untuk menghadirkan fitur pada Firefox yang akan menunjukkan pemberitahuan kepada pengguna saat mereka mengunjungi situs web yang sebelumnya mengalami pelanggaran data.

Mozilla sedang mengembangkan sistem notifikasi untuk Firefox yang akan menampilkan peringatan keamanan tersebut saat pengguna mengunjungi situs yang mengalami pelanggaran data. Ini akan menggunakan data dari “Have I Been Pwned?”. Bagi Anda yang belum familiar, itu adalah situs web yang mengindeks pelanggaran data publik dan memungkinkan pengguna menelusuri untuk memeriksa apakah datanya bocor dalam pelanggaran apa pun.

Mozilla sendiri baru memulai pengerjaan fitur baru tersebut, dan kode fitur tersebut tidak akan ada dalam basis kode Firefox sekarang ini, karena fitur pemberitahuan peringatan itu akan dikelola secara terpisah sebagai add-on. Proses pembangunannya masih dalam tahap awal dan fitur baru ini akan menampilkan notifikasi saat pengguna mengunjungi situs yang mengalami pelanggaran data.

Bahkan fitur baru ini mencakup kolom input yang mungkin akan membiarkan pengguna menelusuri untuk memeriksa apakah data mereka terpapar dalam pelanggaran data di situs tersebut. Sayangnya, saat ini Mozilla belum mengkonfirmasi kapan fitur tersebut akan tiba untuk pengguna umum browser Firefox.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here