Bus 'melayang' dari Cina

Cina mempunyai solusi yang menarik dalam mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta. Mereka memperkenalkan sebuah bus ‘melayang’ yang bakal memaksimalkan penggunaan jalan raya. Tak hanya mempunyai kapasitas besar, bus ‘melayang’ ini memungkinkan mobil untuk lewat di kolongnya.

Bus 'melayang' dari Cina
Bus ‘melayang’ dari Cina

Dengan kemampuannya tersebut, bus ini pun layak untuk bisa disebut sebagai solusi kemacetan akibat terlalu banyaknya kendaraan di jalanan. Terlebih bus ini mempunyai kapasitas 300 penumpang. Jadi akan sangat membantu ketika dijadikan sebagai sarana transportasi publik di kota besar.

Kabin penumpang pada bus ini mirip ketika berada di sebuah komuter. Bagaimana tidak, kabin penumpang bus ini memiliki panjang mencapai 22 meter dengan lebar 7,8 meter serta tinggi 4,8 meter. Penumpang pun bisa duduk bagian kiri kanan atau bisa juga memilih untuk duduk pada bagian tengah bus.

Kabin penumpang pada bus 'melayang' Cina
Kabin penumpang pada bus ‘melayang’ Cina

Dan meski mempunyai ukuran yang besar, bus ini juga tidak terlalu memakan tempat di jalan raya. Bagian kolong bus mempunyai ukuran yang besar, setinggi 2,1 meter memungkinkan kendaraan kecil seperti mobil ataupun sepeda motor lewat di bawahnya.

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=jhfUn2Zen00[/embedyt]

Namun bus ini masih belum bisa diluncurkan ke jalanan umum. Untuk saat ini, Cina masih melakukan pengujian prototype TEB-1. Menurut laporan dari tebtech, tidak ada permasalahan yang terjadi. Baik itu terkait sistem rem ataupun konsumsi power. Dan kalau proses pengujian selesai, tak menutup kemungkinan bus ini pun bakal bisa digunakan di kota-kota besar yang rawan macet.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here