Dalam hal diet, baik itu untuk menambah masa otot atau mengurangi lemak, perhitungan kalori dalam makanan sangat penting untuk melancarkan proses diet. Sementara untuk saat ini, banyak aplikasi yang dapat membantu melacak kalori. Namun semua itu masih jauh dari kata 100% akurat, karena yang digunakan hanya hitungan perkiraan.

Selain itu, meski Anda makan sebuah hidangan dengan jenis yang sama dari sebuah restoran, tentu kandungan kalorinya akan berbeda pada restoran lain. Hal tersebut membuat tim dari Panasonic mengembangkan sebuah produk baru agar kita tidak perlu lagi mengira-ngira kalori pada sebuah makanan. Perusahaan baru-baru ini meluncurkan CaloRieco di CEATEC 2017.

Kemampuan utama dari alat tersebut tentu saja untuk membaca kalori pada makanan. Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, Anda bisa memasukan makanan pada alat tersebut, dimana nantinya alat tersebut akan menghitung seberapa banyak kalori yang terkandung pada makanan. Lalu bagaimana cara kerjanya?

Cara kerja alat ini menggunakan teknologi pantulan cahaya untuk menentukan nilai-nilai gizi seperti karbohidrat, lemak, dan protein, dan dalam cara kerjanya mirip dengan spektrometer massa, namun tidak serumit atau secanggih spektrometer massa.

Sayangnya, mesin yang di pamerkan pada gambar di atas merupakan mockup atau prototipe dan perlu dicatat bahwa produk final bisa saja berbeda dari gambar di atas. Selain itu, untuk saat ini belum ada tanggal rilis atau berapa harga yang dibanderol untuk memboyong alat penghitung kalori tersebut. Sementara perusahaan mengatakan jika alat ini dapat membantu penderita diabetes untuk mengelola makanan dan kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here