Cooking Mama merupakan salahsatu judul game untuk NDS yang paling adiktif dan paling inovatif. Majesco sebagai pembuat game ini telah menelurkan beberapa sekuel atas kesuksesan Cooking Mama yang berhasil mendapatkan predikat game dengan penjualan paling banyak, diantaranya sekuel Cooking Mama 2 : Dinner with Friend, Crafting Mama, dan Gardening Mama. Kini sekuel terbaru juga telah diluncurkan dengan judul Camping Mama : Outdoor Adventure yang kali ini mengusung tema kemping pada sebuah pulau dengan memuat ratusan mini game dibandingkan dengan sekuel sebelumnya.

Gameplay
Saat memulai permainan ini, kita akan menemukan 4 opsi yang meliputi opsi Explore, yang merupakan jantung dari permainan ini yang akan kita bahas nanti dibawah. Selanjutnya ada opsi Challenge, didalam menu ini kita dapat memainkan kembali mini game yang berhasil kita buka saat memainkan mode Explore. Kemudian ada opsi Book, tempat kita melihat pelengkapan kemping yang berhasil didapatkan hingga jenis serangga yang berhasil ditangkap sepanjang kita memainkan game ini. Dan yang terakhir adalah opsi Option, tempat kita mengaktifkan fasilitas wifi dan menghapus save game.


Dengan mengakses opsi Explore, kita akan memulai permainan dengan sebuah peta pulau yang akan menjadi tempat kita berkemping, kemudian kita dapat memilih untuk memainkan permainan ini dengan mengunakan karakter Ringo ataupun Ichigo. Kita juga akan menemukan karakter mama dan papa di dalam game ini, namun mereka hanya hadir dalam memberikan bantuan ataupun sebagai pemberi arahan disepanjang permainan.

Pada peta pulau tersebut terdapat beberapa area yang dapat kita jelajahi. Saat kita mengakses salahsatu area kita akan berpetualangan dengan menuntun karakter kita mengunakan stylus sambil menghindari bintang dan mencari harta karun. Tujuan kita pada area tersebut adalah menyelesaikan puzzle sederhana untuk dapat melanjutkan ke level berikutnya, seperti monyet yang meminta apel, maka kita harus berkeliling ke sekitar area tersebut untuk mendapatkan apel dan memberikan kepadanya.


Pada tiap area akan terdapat beberapa mini game yang mesti kita selesaikan (total ada sekitar kurang lebih 100 mini game pada game ini), diantaranya tugas mendirikan tenda, membuat api ungun,  membuat alat pancing, memancing ikan, memasak, mencari harta karun, hingga mini game yang bersifat aksi seru seperti contoh melindungi makanan kita dari monyet liar ataupun mendaki gunung sambil menghindari batu besar yang mengelinding, lomba lari, dan sebagainya. Tidak semua mini game membutuhkan ketangkasan tangan dalam mengunakan stylus tapi ada juga mini game yang mengasah otak kita, seperti mencocokan warna kumbang yang tertutup oleh daun. Boleh dikatakan mini game yang dihadirkan pada sekuel ini lebih bervariasi dan adiktif.

Seting tempat sebagai latar permainan pun juga bervariasi dengan nuasa alam yang meliputi hutan, gunung, pantai, kemudian juga adanya efek cuaca seperti hujan dan bersalju. Seperti sekuel sebelumnya sebagian besar game ini dikontrol mengunakan stylus.


Graphic
Berbicara tentang visual pada game ini tidak terlihat adanya perkembangan yang berarti. Disepanjang permainan ini selalu didominasi oleh warna-warna yang cerah dan segar. Tulisan text yang muncul dilayar permainan juga cukup besar dan nyaman untuk dipandang. Sedangkan suara dan musik disepanjang permainan terdengar jernih dan bersemangat.

Overall
Game Camping Mama : Outdoor Adventures ini wajib dimainkan. Game ini sangat menyenangkan walau hanya berupa mini game saja, namun cukup adiktif dan menyegarkan otak serta game ini cocok untuk segala umur.

Camping Mama : Outdoor Adventures
Publisher : Majesco
Developer : Majesco
Genre : Life Sims
Platform : Nintendo DS

Score
Gameplay. 85
Graphic. 70

Overall. 90


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here