Bagi fotografer, dalam mengambil foto pastinya membutuhkan cahaya yang cukup agar hasilnya dapat dinikmati. Namun akan menjadi sebuah masalah bila objek yang ditangkap sangat minim cahaya. Dengan menyiasati menaikan ISO pun terkadang juga tidak akan menghasilkan gambar yang maksimal.

Tapi, tidak lama lagi semua kerisauan para fotografer akan kurangnya cahaya saat mengambil objek foto yang akan diambil ini akan segera teratasi. Pasalnya salh satu raksasa di dunia fotografi, Canon, telah menciptakan sebuah sensor kamera, yang mampu menangkap di dalam keadaan sangat gelap sekalipun.

sensor ISO 300000

Dikutip dari PetaPixel, Minggu (18/10/2015),  dalam ajang yang digelar perusaahan tersebut, Canon Expo pada minggu lalu di Paris, Perancis, ditunjukan sebuah kamera prototipe dengan sensor kamera yang memiliki ISO hingga 300.000. Sensor ini memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi dan merupakan sensor full frame 35mm.

Tidak hanya memamerkan kamera dan sensornya saja, tetapi Canon juga menjunjukan sebuah hasil foto yang ditangkap menggunakan sensor kamera ber-ISO 300.000 ini. Penasaran dengan hasil fotonya, inilah hasil foto kamera dengan ISO 300.000 dan dibandingkan dengan sensor kamera biasa.

Sensor kamera biasa
Hasil foto dari sensor kamera biasa
Hasil foto menggunakan sensor kamera dari Canon dengan ISO 300.000
Hasil foto menggunakan sensor kamera dari Canon dengan ISO 300.000

Canon sendiri masih belum mau mengatakan kapan sensor ini akan digunakan pada kamera buatan mereka. Pihak Canon mengatakan bahwa ini masih berupa konsep, belum final. Mereka juga menambahkan, yang jelas sensor ini tidak tersedia dalam waktu dekat.

Berikut hasil video rekaman dengan kamera ber-ISO 300.000

(ND/PetaPixel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here