Spammer menjadi permasalahan yang dihadapi dalam sebuah bentuk komunikasi. Entah itu di email, SMS atau bahkan layanan messaging seperti iMessage milik Apple. Bahkan aktivitas spam di iMessage lebih parah, karena iMessage tak hanya muncul di iPhone, tapi juga pada perangkat Mac serta iPad.

Kondisi ini juga diperparah karena Apple tak menyediakan cara untuk secara otomatis memblokir aktivitas para spammer di iMessage. Para spammer pun bisa melakukan aktivitasnya dengan mudah. Menurut peneliti security Tom Landesman dari Cloudmark, para spammer bisa melakukannya cukup dengan menuliskan kode sepanjang empat baris menggunakan AppleScript.

spam imessage

Dan karena Apple tak bisa menghentikan aktivitas tersebut secara otomatis, maka yang harus bergerak aktif tentunya adalah para pengguna iMessage. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk memblokir pesan spam di iMessage.

1. Bisa dilakukan dengan menuju ke Settings > Message > iMessage. Di situ, Anda bisa men-tap pada opsi Blocked dan tinggal memasukkan nomor telepon dari pengirim pesan spam.

2. Terdapat pula cara lain untuk bisa memblokir pesan spam yang tak diinginkan. Apple pun menyediakan step-by-step cara untuk melakukannya. Untuk melakukan hal ini, Anda butuh mengambil screenshot dari pesan, alamat email atau nomor telepon pengirim serta waktu pesan tersebut diterima.

Sebagai tambahan informasi, mengambil screenshot di iPhone bisa dilakukan dengan menekan tombol Sleep/Wake bersamaan dengan tombol Home. Langkah serupa juga bisa untuk iPad ataupun iPod Touch. Sementara itu untuk perangkat OS X, bisa dilakukan dengan menekan tombol Command + Shift + 3.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here