Media sosial memang memberikan manfaat besar bagi para penggunanya. Namun, tidak jarang media sosial juga membuat hubungan pertemanan agak longgar. Perbedaan pandangan politik kerap menjadi pemicu utamanya. Alhasil, tidak sedikit mereka yang akhirnya memilih untuk menekan tombol unfriend atau unfollow.

Hal ini pun terjadi di berbagai platform media sosial, apalagi di layanan populer seperti Facebook dan Instagram. Mengingat, kedua platform ini memang tengah ramai digunakan oleh berbagai orang dari penjuru dunia. Sayangnya, seorang pengguna Facebook atau Instagram kesulitan untuk mengetahui siapa saja yang sudah meng-unfriend atau unfollow.

Cara Mengetahui Siapa Saja yang Sudah Unfriend dan Unfollow di Facebook dan Instagram

Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa saja melakukan pengecekan secara manual. Hal ini tentu saja sangat merepotkan. Apalagi kalau memiliki ratusan atau ribuan teman dan follower. Sebagai alternatifnya, Anda bisa menggunakan layanan pihak ketiga untuk bisa mengetahui daftar teman yang sudah unfriend dan unfollow.

Sebagai catatan, layanan seperti ini kerap mendapatkan hambatan dari Facebook. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka pun sudah berulang kali melakukan upaya penutupan untuk layanan tersebut. Contohnya, situs who.deleted.me dan unfriendfinder.net yang kini sudah tak lagi beroperasi.

Lalu, bagaimana solusinya?

Tenang saja, masih ada layanan serupa yang bisa Anda gunakan. Berikut ini adalah layanan yang bisa dipakai untuk mengetahui daftar unfriend dan unfollow di Facebook dan Instagram:

Still Friends untuk Mengetahui Daftar Unfriend di Facebook

Bagi pengguna Facebook, terutama Anda yang memakai iPhone, bisa memanfaatkan layanan yang diberikan oleh Still Friends. Aplikasi ini berguna untuk mengecek daftar teman yang sudah menghapus Anda dari daftar pertemanan. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di App Store. Hanya saja, untuk bisa mengetahui identitas teman yang meng-unfriend tersebut, Anda harus membayar ‘credit’ dengan nilai tertentu.

Followers & Likes Manager for Instagram

Kalau Anda aktif di Instagram, bisa pula menggunakan sebuah aplikasi iPhone yang bernama Followers & Likes Manager for Instagram. Aplikasi ini akan memberikan informasi saat ada pengurangan atau penambahan follower di Instagram. Selain itu, Anda juga akan menemukan daftar follower terburuk atau sosok pengagum rahasia, yang memilih tidak menjadi follower tapi sering menyukai dan memberikan komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here