Handphone Android memungkinkan Anda untuk melakukan kustomisasi tersendiri. Poin inilah yang menjadi pertimbangan banyak orang untuk memilih handphone Android dibandingkan smartphone lainnya.

Salah satu kustomisasi yang bisa Anda lakukan di handphone Android adalah mengubah tampilan splash image. Splash image adalah gambar yang muncul pertama kali saat handphone Android dinyalakan. Anda pun bisa mengganti gambar tersebut sesuai dengan gambar yang Anda inginkan.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini adalah step by step yang perlu Anda lakukan:

1. Pertama, Anda perlu mengunduh dan install sebuah aplikasi pernama Paint.net. Aplikasi ini ini bisa Anda unduh secara gratis.

2. Selanjutnya, Anda perlu mengunduh dan install plugin tambahan. Plugin yang Anda butuhkan untuk mengubah splash image di handphone Android adalah plugin FileType.

3. Pilih gambar yang ingin Anda jadikan sebagai Splash image. Selanjutnya, perhatikan resolusi layar handphone Anda.

4. Lalu save as gambar tersebut dengan tipe file *.rgb565.

5. Tutup aplikasi paint.net. Ubah nama file *rgb.565 menjadi splash.img.

6. Buka perangkat Android dalam mode download. Untuk masuk dalam mode ini, matikan handphone Android lalu nyalakan handphone dengan menekan tombol power+volume up.

7. Hubungkan perangkat Android dengan komputer. Selanjutnya akan muncul folder image > splash.img. Pastikan Anda membackup splash.img asli ke komputer.

8. Masukkan gambar splash.img baru dalam folder tersebut.

9. Disconnect handphone dari komputer, lalu matikan handphone Anda dengan mencabut baterai. Nyalakan lagi, maka Anda sudah memperoleh gambar splash image baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here