Perangkat mobile memberikan kemudahan pemakaian dibandingkan perangkat biasa. Tidak heran kalau saat ini berbagai jenis perangkat mobile pun banyak dikembangkan. Termasuk di antaranya adalah perangkat elektrokardiograf (EKG) portabel yang memiliki fungsi merekam sinyal jantung. Alat EKG portabel tersebut bernama CardioSense yang dikembangkan oleh para peneliti dari Universitat Polit├Ęcnica de Catalunya Spanyol.

cardiosense

Berbeda dengan perangkat EKG biasanya, CardioSense ini memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri. Pemilik alat ini pun bisa secara langsung menggunakannya untuk merekam sinyal jantung saat beraktivitas sehari-hari. Caranya pun mudah, bisa menempelkan alat ini pada casing smartphone, ataupun objek lain. Bisa pula dipakai di beragam jenis aktivitas. Baik saat di kamar mandi atau saat menyetir kendaraan.

Alat ini dilengkapi dengan dua plat metal yang berfungsi untuk mendeteksi sinyal elektrokardiogram. Selain berfungsi merekam sinyal jantung, CardioSense ini juga dapat mengukur kecepatan denyut nadi. Dengan data-data tersebut, alat ini pun bisa digunakan untuk memonitor kondisi kesehatan seseorang. Terutama berkaitan dengan kesehatan jantung dan kondisi arteri.

Menariknya lagi, alat ini bisa memberikan hasil analisis awal kardiovaskuler dalam jangka tak lebih dari 60 detik. Bahkan, penggunaan alat ini pun sangat mudah, tidak memerlukan keberadaan seorang tenaga medis. Menurut rencana, alat ini akan segera dipamerkan dan sudah dalam tahap pematenan di berbagai negara seperti Spanyol, Cina, serta Amerika Serikat.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here