Apa Anda salah satu pengguna catatan Post-it? Catatan Post-it memang sangat berguna, namun dalam beberapa hal itu juga dapat dilihat sebagai limbah, karena itu memerlukan kertas terlalu banyak. Namun kabar baiknya bahwa tim peneliti dari Microsoft Research telah berhasil menciptakan sebuah Post-it digital yang dapat bertahan selamanya berkat kemampuannya untuk mengisi ulang baterai sendiri.

digital-post-it

Catatan digital ini menggunakan e-paper, dimana Microsoft telah meletakkan panel surya dibelakangnya agar Post-it digital itu dapat mengisi daya dengan sendirinya, meskipun tidak banyak cahaya matahari yang masuk hingga ke kantor Anda. Ini berarti bahwa selama lampu di kantor Anda dalam posisi menyala, panel surya pada perangkat akan dapat menyerapnya untuk menjadikan itu sebagai sumber energinya.

Mengingat layar Post-it digital ini tidak memiliki resolusi yang tinggi, dan kemampuan bisa menyerap cahaya sebagai sumber daya, itu memungkinakan Post-it digital dapat hidup selamanya.

Informasi yang ditampilkan pada Post-it bisa statis, atau pengguna dapat memilih untuk memperbaruinya 2 hingga 60 kali dalam satu jam, tergantung pada apa yang ingin Anda gunakan. Misalnya Anda bisa mengatur update setiap 15 menit untuk update cuaca, atau setiap menit jika Anda ingin memantau saham Anda.

Satu-satunya kekurangan pada Post-it digital ini adalah bahwa Anda tidak dapat menulis langsung di atasnya. Namun Microsoft Research menganggap itu memiliki banyak potensi, seperti menggunakannya pada sepeda untuk menunjukkan arah, kecepatan, dan karena menggunakan e-paper, maka dapat dibaca dengan mudah meski di bawah sinar matahari.

Untuk saat ini, belum diketahui apakah pihak Microsoft Research akan benar-benar membuat Post-it digital ini menjadi produk komersial, dan bicara soal harga juga belum diketahui hingga saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here