NASA tengah mempersiapkan program ekspedisi terbarunya ke Planet Mars. Untuk persiapan, NASA kini secara resmi memublikasikan konsep mobil penjelajah yang bakal dipakai selama berada di Mars. Mobil ini pun terlihat keren dan sangat futuristik.

mobil mars-2

Mobil tersebut dipamerkan dalam ajang Summer of Mars yang berlangsung pada 5 Juni 2017. Dalam pameran mobil konsep tersebut, NASA juga menghadirkan sosok Scott Kelly, astronot yang pernah menghabiskan waktu selama 1 ahun di International Space Station (ISS), dari 27 Maret 2015 hingga 3 Februari 2016.

Mobil ini pun memiliki penampilan yang sangat canggih. Tidak kalah dibandingkan dengan batmobile kepunyaan Batman, tokoh superhero besutan DC Comics. Mobil ini menggunakan mesin bertenaga listrik dengan sumber tenaga berupa sel surya dan baterai 700 volt.

mobil mars-1

Tugas utama dari mobil ini adalah sebagai sarana penjelajahan, dilengkapi dengan sarana yang lengkap, terutama untuk sarana navigasi dan komunikasi yang ada di bagian depan. Sementara itu, bagian tengah mobil bisa dilepas dan berfungsi sebagai sarana penelitian.

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=H1PnY9n48Dg[/embedyt]

NASA, menurut rencana bakal melangsungkan program ke Planet Mars pada tahun 2020. Kabarnya, mobil ini bakal turut serta dalam program tersebut, dimanfaatkan untuk memperoleh sampel tanda-tanda kehidupan di sana. Hanya saja, bisa jadi mobil ini tidak akan turut serta secara utuh dalam program tersebut. Kemungkinannya, hanya sebagian porsi dari mobil ini yang akan ikut pergi ke Mars dalam ekspedisi itu.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here