Perangkat buatan Apple memang terkenal dengan tingkat keamanannya yang tinggi. Bahkan dengan dicuri pun perangkat Apple tersebut akan menjadi bangkai karena tidak ada cara lain untuk menembus aktivasi dari Apple. Bahkan FBI pun sampai angkat tangan atas perangkat iPhone 5 milik pelaku penembakan San Bernardino.

bypass-icloud-activation

Tapi nampaknya sistem keamanan Apple ini memiliki satu celah yang dapat diakses dengan mudah. Seperti yang dilansir dari Wccftech, ada seorang peneliti yang telah berhasil menembus celah aktivasi Appple. Adalah Hemanth Joseph yang menemukan celah tersebut pada perangkat iPad dengan iOS 10.1.1, yang merupakan versi paling baru saat ini.

Dirinya menjelaskan bahwa celah untuk mem-bypass layar aktivasi adalah dengan memilih jaringan WiFi. Nah pada saat berada di menu pilihan WiFi, pilih “Other” atau “Lainnya”. Saat diminta memasukan nama WiFi dan kata sandinya, silahkan diisi dengan simbol sebanyak-banyaknya.

Joseph mengatakan bahwa perangkat iPad yang ia coba mengalami hang alias tidak dapat digunakan sesaat ketika memasukkan simbol yang sangat banyak pada kedua kolom tadi. Saat itulah dirinya memanfaatkan cover magnetik yang dapat menjadikan layar mati secara otomatis dan membuat layar yang tadinya dalam keadaan mendatar menjadi ke posisi potrait.

Meski begitu, peneliti yang tergabung dalam¬†Vulnerability Lab ini menyebutkan bahwa langkah ini cukup “tricky” karena membutuhkan ketepatan dan kecepatan saat perangkat mengalami hang. Untuk lebih jelasnya bisa saksikan video berikut yang diunggah oleh Vulnerability Lab.

Apple sendiri belum memberikan komentar apapun mengenai temuan celah ini pada sistem operasi perangkat mobile mereka. Namun dipastikan bahwa celah ini bakal ditutup pada iOS versi mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here