Huawei Honor Magic

Tampaknya tahun 2017 ini berbagai brand smartphone akan menerapkan desain bezel-less untuk smartphone high-end. Pada bulan November 2016, Xiaomi mengumumkan Mi MIX yang banyak menarik perhatian publik berkat desainnya yang tidak biasa, yakni memiliki bezel sangat tipis.

Huawei Honor Magic
Huawei Honor Magic

Beberapa brand yang mulai menerapkan desain bezel-less termasuk pada LG G6 yang mengusung layar Full Vision miliknya. Smartphone flagshp selanjutnya dari Samsung, yakni Galaxy S8 dan S8+ juga akan mengusung desain super bezel-less yang dibantu pula dengan hilangnya tombol home fisik. Huawei juga tak ingin kalah bersaing di perlombaan smartphone bezel-less.

Saat berbicara pada sebuah wawancara setelah peluncuran Huawei P10 dan P10 Plus di Tiongkok, CEO Yu Chengdong menegaskan bahwa perusahaan tengah membuat smartphone dengan layar yang akan menempati seluruh bagian depan, termasuk dari atas ke bawah. Ya, super bezel-less atau tidak ada bezel sama sekali.

Namun ada hal yang perlu dicatat, bahwa desain semacam itu membutuhkan pengembangan dan penelitian yang tidak sebentar. Jadi, kita tidak bisa berharap proyek tersebut akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat.

Di sisi lain, Xiaomi sudah memulai penggarapan generasi kedua dari smartphone Mi MIX. Target dari proyek generasi kedua ini adalah membuat smartphone memiliki rasio screen-to-body  menjadi 93% atau naik 2% dari generasi pertama. Dengan begitu, kita akan melihat smartphone yang memiliki bezel lebih tipis dari Mi MIX.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here