Ajang Consumer Clectronics Show (CES) 2016 sudah dimulai, daratan Las Vegas menjadi saksi di mana para pemain teknologi dunia berlomba memamerkan produk terbaru mereka. Salah satu perusahaan yang ikut serta adalah Archos.

Perusahaan ternama asal Perancis ini turut meramaikan persaingan di tahun 2016 dengan mengumumkan dua seri smartphone terbarunya untuk tahun ini, yakni seri Power dan Cobalt. Jajaran smartphone Power ini mengunggulkan daya tahan baterai, sedangkan seri Cobalt hadir dengan warna yang eksklusif. Dari kedua seri smartphone tersebut, masing-masing memiliki dua smartphone baru, dengan total empat smartphone yang diperkenalkan perusahaan, dan berikut smartphone terbaru dari Archos.

Archos Power Series

Archos 40 Power, smartphone ini merupakan perangkat untuk segmen entry-level dengan layar 4 inci resolusi 480 x 800 pixel. Untuk jeroannya, perangkat ini didukung chipset Spreadtrum SC7731C, yang memiliki prosesor 1.2GHz quad-core Cortex-A7 yang disandingkan dengan RAM sebesar 512MB. Selain itu terdapat pula penyimpanan internal sebesar 8GB yang dapat diperluas melalui microSD.

Pada sektor fotografi, Archos melengkapi 40 Power dengan kamera utama berkekuatan 5MP yang dilengkapi dengan LED flash. Sedangkan pada bagian depan terdapat kamera 2MP untuk keperluan selfie. Ada pula fitur konektivitas yang dibawa smartphone ini, yakni meliputi quad-band 2G dan dual-band 3G, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth, GPS, dan radio FM.

Smartphone ini telah menjalankan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dan dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1,900mAh. Menilik kapasitas baterainya, memang tak terkesan “Power”, namun mengingat hardware yang diusung smartphone ini, kapasitas tersebut terbilang sudah lebih dari cukup. Untuk Harga yang dibanderol sebesar 49,99 Euro atau sekitar Rp 750ribuan.

Archos 50 Power, smartphone ini merupakan seri di atas 40 Power yang dibekali dengan spesifikasi lebih tinggi dari saudaranya. Smartphone ini membawa layar IPS seluas 5 inci dengan resolusi  HD 720p. Sedangkan untuk urusan dapur pacunya dipercayakan oleh chipset Mediatek MT6735 yang memiliki CPU quad-core serta disandingkan dengan RAM sebesar 2GB dan penyimpanan internal sebesar 16GB yang masih dapat diperluas.

Smartphone dengan kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh ini telah mendukung fitur konektivitas 4G LTE. Sedangkan untuk urusan fotografi, smartphone berbaterai bongsor ini mengandalkan kamera utama 13MP. Harganya sebesar 129,99 Euro atau sekitar Rp 1,9 jutaan. Kedua smartphone dalam seri Power ini akan tersedia pada bulan Mei 2016.

Archos Cobalt Series

Archos 50 Cobalt, Seri Cobalt tersedia dalam dua varian warna, yakni biru atau dark grey. Smartphone ini hadir dengan membawa layar IPS seluas 5 inci beresolusi HD 720p. Pada sektor jeroannya, smartphone ini didukung chipset Mediatek MT6535, RAM sebesar 1GB, serta penyimpanan internal sebesar 8GB yang dapat diperluas menggunakan micro SD.

Selain itu, smartphone ini dilengkapi dengan dukungan LTE Cat.4, dan mengandalkan kamera utama berkekuatan 8MP, yang hadir lengkap dengan dukungan LED flash serta telah ditenagai oleh baterai sebesar 2.000 mAh. 50 Cobalt dibanderol Euro 99 atau Rp 1,4 jutaan.

Terakhir ada Archos 55 Cobalt+, smartphone ini memiliki layar seluas 5,5 inci dengan membawa resolusi HD 720p. Pada bagian dapur pacunya, smartphone ini didukung oleh chipset MediaTek MT6535, yakni chipset yang sama dengan seri 50 Cobalt. Perbedaan dengan saudaranya adalah kapasitas memorinya yang dua kali lipat lebih besar, yakni memiliki RAM sebesar 2GB dan penyimpanan internal sebesar 16GB yang masih dapat diperluas.

Untuk urusan fotografi, 55 Cobalt+ dibekali kamera utama berkekuatan 13MP dengan LED flash, sementara kamera depan hanya mengandalkan kamera 2MP. Smartphone dengan baterainya berkapasitas 2.700mAh ini dibanderol dengan harga 149 Euro atau sekitar Rp 2,2 jutaan. Kedua seri Cobalt akan mulai tersedia pada bulan April 2016.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here