Chip A10X Pada iPad Pro Terbaru Merupakan Chipset 10nm Pertama Milik Apple

Chip A10X Pada iPad Pro Terbaru Merupakan Chipset 10nm Pertama Milik Apple

Bicara soal chipset mobile, tentu keberadaan chipset A-series milik Apple tidak bisa dipandang sebelah mata. Chipset milik Apple tersebut kerap berada di posisi teratas, terutama ketika masuk ke pengujian benchmark single-core.

Apple-a10x-vs-a9x

Beberapa smartphone flagship saat ini menggunakan chipset dari Qualcomm atau Exynos yang sudah menggunakan proses 10nm seperti Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus. Namun iPhone 7 masih menggunakan chipset A10 yang dibangun dengan proses 16nm.

Namun kejayaan perangkat Android yang sudah menggunakan proses manufaktur terbaru bakal terusik dengan kehadiran chipset A-series baru milik Apple yang sudah menggunakan proses 10nm. Ya, iPad Pro terbaru hadir dengan chip A10X yang dibangun dengan metode produksi terbaru dari TSMC 10nm. Tentu iPad Pro terbaru menjadi perangkat pertama milik Apple yang menggunakan chipset dengan proses 10nm. Chip baru tersebut hampir setengah dari chip A9X, dan bahkan jauh lebih kecil dari A10 sekalipun, meski memiliki tambahan core dan perlengkapan fungsional.

Apple-SoC-comparisons

Tentu selain memiliki performa yang telah ditingkatkan, chipset A10X yang menggunakan proses 10nm memiliki kelebihan lain, terutama efisiensi daya yang semakin optimal. Berbekal chipset yang mumpuni tersebut, iPad Pro terbaru tentu dapat dengan mudah bersaing dengan para kompetitornya.

NO COMMENTS

Leave a Reply