Bagi para pecinta produk tablet ataupun smartphone dari Cina, tentu kerap mendengar produk chip prosesor dari Allwinner. Produsen chip prosesor yang satu ini pun baru saja merilis produk terbarunya, yakni chip AllWinner A20.

Chip ini menggunakan prosesor dual core ARM Cortex A7. Di dalamnya, terdapat GPU Mali 400MP2. Selain itu AllWinner juga membuat agar chip prosesor ini mampu mendukung pengambilan video full HD pada kecepatan 30fps atau video HD 720p pada kecepatan 60fps.

AllWinner mengatakan bahwa chip terbarunya tersebut memiliki kemampuan dan efisiensi yang lebih baik dibanding chip yang memakai prosesor Cortex A8. Bahkan mereka mengungkapkan kalau AllWinner A20 ini 5 kali lebih efisien dan 50 persen lebih cepat dibanding prosesor Cortex A8.

Selanjutnya, chip ini juga bisa digunakan pada platform Android 4.1 dan 4.2. Di dalamnya terintegrasi transmiter HDMI, interface LVDS serta TV decoder.

Dengan pengumumannya ini, tak menutup kemungkinan bahwa ketersediaan perangkat Android yang menggunakan jasa prosesor ini bakal ada di pasaran dalam waktu dekat. Terlebih pasaran tablet dan handphone Android murah berkembang sangat pesat akhir-akhir ini.

Selain itu, AllWinner juga mengumumkan dua chip prosesor terbaru lainnya, yakni AllWinner A31 dan A31s. Dua chip prosesor ini memiliki spesifikasi yang cukup identik. Di dalamnya terdapat prosesor quad core Cortex A7 dan memakai GPU PowerVR SGX544MP2.

(Via Phonearena)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here