Jalinan kerjasama yang dilakukan oleh Intel dengan produsen chip murah asal Cina, Rockchip telah diumumkan sejak beberapa bulan lalu. Dan kini, kedua perusahaan tersebut pun akhirnya secara resmi memperkenalkan chip hasil kolaborasinya yang ditujukan untuk perangkat tablet dan smartphone murah.

Chip hasil kerjasama Intel dan Rockchip terebut bernama XMM 6321. Di dalamnya terdapat prosesor XG632 dual core ARM Cortex-A5 serta chip AG620 wireless yang mendukung konektivitas 2G, 3G, WiFi, Bluetooth serta GPS. Dengan begitu, perangkat yang menggunakan chip ini akan mendukung konektivitas GSM dan bakal dipatok dengan harga murah.

xmm-6321

Baik pihak Intel ataupun Rockchip belum mengumumkan secara resmi mengenai kisaran harga dari perangkat tablet ataupun smartphone yang menggunakan prosesor XMM 6321 tersebut. Menurut laporan Charbax yang dikutip dari Liliputing, smartphone dengan prosesor ini akan dipatok berkisar 30 USD atau setara 300 ribuan. Sementara untuk tablet, bisa diperoleh dengan harga 40 USD atau setara 400 ribuan.

Chip ini pun bukan menjadi satu-satunya hasil kolaborasi antara Intel dengan Rockchip. Kedua perusahaan tersebut bakal meluncurkan chip lain yang berbasiskan 64-bit dan mendukung konektivitas 4G LTE.

via Liliputing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here