Persaingan sengit bukan hanya antar vendor smartphone saja, melainkan produsen hardware atau komponen dari perangkat itu sendiri. Qualcomm dengan chipset Snapdragon masih menjadi pemimpin di bidang chipset, dan itu membuat para kompetitor menjadi iri. MediaTek merupakan salah satu saingan terberat Qualcomm, dimana chipset dari MediaTek telah banyak diusung oleh berbagai perangkat.

MediaTek-Helio-X30

Produsen chipset asal Tiongkok ini baru saja mengumumkan chipset flagship terbaru miliknya yang bernama Helio X30. Chipset ini dibangun dengan proses 10nm, yang berarti akan bersaing langsung dengan Snapdragon 835 dan Exynos 9. Chipset ini akan menawarkan peningkatan performa dan memiliki efisiensi daya yang lebih baik ketimbang chipset dengan proses 14nm seperti Snapdragon 821.

MediaTek Helio X30 memiliki prosesor 10-core yang terdiri dari tiga cluster. Untuk tugas berat akan ditangani oleh dual-core Cortex-A73 dengan clockspeed 2.8GHz, dan untuk tugas sedang akan ditangani oleh quad-core Cortex-A53 dengan clockspeed 2.2GHz. Sementara untuk tugas ringan atau beban sehari-hari akan ditangani oleh quad-core Cortex-A35 dengan clockspeed 2.0GHz.

Chipset ini memiliki dukungan RAM hingga 8GB, namun itu bukan hal baru lagi karena chipset lain seperti Snapdragon 835 dan Exynos 9 juga memiliki dukungan tersebut. Jadi perhatian kita selanjutnya bergeser ke bagian GPU, dimana chipset ini mengusung GPU Power VR. Itu adalah subsistem grafis yang telah banyak digunakan di iPhone, meskipun banyak dimodifikasi, dan itu sangat menarik karena mereka menyematkan GPU itu ke dalam chipset MediaTek. Seperti yang kita ketahui, GPU merupakan titik lemah pada chipset MediaTek sebelumnya.

Chipset MediaTek Helio X30 memiliki GPU quad-core PowerVR GT7400 Plus, yang berarti chipset ini kuat di segala bidang. Tidak hanya kuat dalam performa dan hemat konsumsi daya, chipset ini juga telah memiliki pengolah grafis yang hebat, sehingga chipset ini benar-benar layak bersaing dengan Snapdragon 835 atau Exynos 9 yang bakal hadir pada Samsung Galaxy S8.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here