Chipset Apple A11 Untuk iPhone 8 Bakal Memiliki Prosesor Hexa-Core?

Chipset Apple A11 Untuk iPhone 8 Bakal Memiliki Prosesor Hexa-Core?

by -

Tak hanya iPhone atau iPad saja yang menjadi perhatian ketika diluncurkan, namun chipset yang diusung oleh perangkat tersebut juga tak kalah menjadi perhatian. Tahun lalu ketika iPhone 7 dan 7 Plus diumumkan, Apple juga memperkenalkan chipset baru Apple A10 Fusion. Bagi Anda yang belum tahu, chipset tersebut merupakan chipset pertama dari Apple yang mendukung prosesor Quad-core, karena chipset sebelumnya masih menggunakan prosesor dual-core.

(Kredit: WccfTech)

Jika peningkatan jumlah core dari dual-core ke quad-core menjadi perubahan yang besar dari Apple, tampaknya chipset iPhone untuk tahun ini juga akan mengalami perubahan. Hal ini diketahui berkat cuitan developer Steve Troughton-Smith di Twitter, yang mengatakan Chipset Apple A11 Fusion yang meluncur tahun ini akan memperkenalkan setup hexa-core (6-core). Prosesor ini akan terdiri dari quad-core “Mistral” core dan dual-core “Monsoon” core.

Konfigurasi tersebut mirip dengan arsitektur big.LITTLE dimana chipset akan mendukung beberapa core tetapi dengan beberapa core saja yang dikhususkan menangani tugas berat/intensif, sementara untuk core lainnya digunakan untuk menangani aplikasi yang lebih ringan. Dengan begitu, prosesor akan semakin efisien dalam penggunaan daya, yang berdampak pada ketahanan baterai yang lebih lama.

Namun perlu dicatat bahwa chip A11 Fusion tidak akan menjadi yang pertama chipset hexa-core dari Apple karena sebelumnya chip A10X Fusion telah hadir dengan konfigurasi tersebut. Namun chip A10X Fusion hanya digunakan oleh iPad Pro 12,9 inci dan iPad Pro 10,5 inci. Jadi, chipset Apple A11 Fusion akan menjadi chip hexa-core pertama yang akan diusung oleh iPhone tahun ini.

NO COMMENTS

Leave a Reply