Chipset Flagship untuk tahun 2018 dari Qualcomm adalah Snapdragon 845, dan fakta yang ada saat ini bahwa Samsung tidak akan bertugas untuk membuat chipset flagship tersebut. Namun itu bukan kerugian total yang akan dialami oleh Samsung, karena raksasa Korea Selatan ini akan bertugas untuk memproduksi chipset flagship lain.

Seperti yang dilaporkan The Korea Herald, Samsung telah menyepakati kerjasama dengan Apple untuk membuat chipset Apple A12 7nm untuk iPhone yang akan meluncur tahun 2018 mendatang. Tentu ini merupakan kemenangan yang besar bagi Samsung yang kehilangan kesempatan untuk memproduksi chipset Snapdragon 845, dimana kesepakatan itu direbut oleh TSMC. Bahkan TSMC juga bertugas membuat chipset Apple A11 10nm.

Alasan mengapa Qualcomm tidak mengandalkan Samsung untuk membuat chipset terbarunya dikarenakan Samsung masih belum siap memproduksi chipset 7nm. Namun, karena iPhone generasi terbaru biasanya dirilis pada kuartal ke-3, Samsung akan memiliki cukup banyak waktu untuk mempersiapkan produksi chipset 7nm.

Samsung juga baru saja membeli beberapa mesin UV ekstrim khusus untuk membuat chip A12 7nm milik Apple. Pengujian sedang berlangsung dan akan segera selesai. Produksi akan dimulai setelah Apple memberikan persetujuan.

Meski Samsung telah mendapatkan kesepakatan dengan Apple lagi, namun hilangnya kesepakatan dengan Qualcomm dapat menimbulkan kerugian yang besar, mengingat 40% dari penjualan Samsung Foundry tahun lalu berasal dari Qualcomm. Ada juga spekulasi yang mengatakan jika Samsung bisa saja mendapatkan kesepakatan untuk memproduksei chipset 10nm mid-range. Selain itu, beberapa produsen smartphone juga akan melepaskan handset dengan chipset Snapdragon 835 untuk tahun depan.

Namun sebelum memulai produksi chipset 7nm, Samsung terlebih dahulu akan memproduksi chipset Exynos 8nm, yang kemudian disusul transisi ke chipset 7nm A12.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here