Sama seperti Samsung yang mengandalkan chipset Exynos miliknya untuk smartphone flagship, Huawei juga mengandalkan chipset flagship miliknya, yakni HiSilicon Kirin kelas flagship untuk seri Mate miliknya. Jika kita mengingat, Huawei Mate 8 hadir dengan chipset Kirin 950, Mate 9 hadir dengan Kirin 960, dan kita bisa berharap jika Kirin 970 hadir pada Huawei Mate 10.

Seperti yang dilaporkan Gizmochina, telah beredar kabar yang bersumber dari Taiwan dimana produksi massal chipset Kirin 970 telah dimulai, yang berarti segera diusung oleh Huawei Mate 10. Sebelumnya chipset ini dikabarkan akan diproduksi oleh TSMC, yang bertugas juga memproduksi Kirin 960. Namun pada laporan tersebut mengatakan jika produksi massal chipset Kirin 970 akan dimulai pada bulan September.

Lalu sekuat apa chipset Kirin 970 ini? Memang belum dapat dipastikan, namun Kirin 970 kemungkinan besar akan dibangun dengan prosesor octa-core Cortex A73 atau bisa juga Cortex A75. Sementara peningkatan yang paling besar terdapat pada GPU yang dikabarkan mendukung hingga 12 core.

Sebagai chipset flagship, Kirin 970 sendiri akan bersaing langsung dengan chipset flagship lain seperti Snapdragon 835 dan Exynos 8895. Chipset Kirin 970 juga dikatakan menggunakan manufaktur 10nm seperti chipset milik Qualcomm dan Samsung.

Untuk Huawei Mate 10 sendiri diharapkan diluncurkan pada bulan September dan dirilis di pasaran pada bulan selanjutnya. Sayangnya belum banyak hal yang diketahui dari Huawei Mate 10, namun smartphone ini diharapkan datang dengan layar 6 inci “Full Active Display” yang memiliki aspek rasio 2:1 dan beresolusi¬†2160 resolusi x 1080p.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here