Smartphone flagship yang meluncur tahun ini hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 835 yang merupakan chipset high-end untuk tahun ini. Setelah chipset tersebut hadir pada smartphone high-end saat ini, muncul kabar baru bahwa chipset untuk smartphone flagship adalah Qualcomm Snapdragon 845.

Qualcomm Snapdragon

Kabarnya, smartphone flagship yang akan memiliki chipset ini pertama kali adalah LG G7. Tentu ini sebagai langkah balas dendam, karena LG G6 tidak mendapatkan pasokan chipset Snapdragon 835 karena pasokan pertama chip tersebut dipesan oleh Samsung untuk Galaxy S8. Chipset Qualcomm Snapdragon 845 masih akan diproduksi dengan menggunakan proses manufaktur 10nm, namun akan memiliki dukungan core generasi terbaru dari ARM yaitu Cortex-A75 dan Cortex-A55.

Qualcom

Sebelumnya Qualcomm hanya memberikan penjelasan mengenai spesifikasi dari jenis core Cortex generasi terbaru yang akan hadir pada chipset tersebut, namun kini muncul informasi mengenai spesifikasi modem yang akan diusung oleh chipset terbaru ini. Menurut informasi yang ditampilkan di halaman profil milik salah satu staff engineer senior di Qualcomm, dimana perusahaan tengah sibuk untuk menyertakan modem X20 ke dalam chipset Snapdragon 845.

Modem X20 memiliki dukungan untuk jaringan LTE Cat.18, atau secara teknis memiliki kemampuan download dengan kecepatan maksimal 1,2Gbps. Adanya teknologi carrier aggregation 2x20MHz dapat memperlebar pipeline jaringan dan memungkinkan traffic melaju dengan bebas, dengan begitu tingkat kecepatan upload dapat mencapai 150Mbps.

Modem X20 sendiri dikatakan disiapkan untuk menyabut hadirnya teknologi jaringan 5G. Sejumlah produsen telah mendapatkan sampel modem X20 pada awal tahun ini untuk mempersiapkan kehadiran teknologi tersebut pada chipset Snapdragon 845 yang diharapkan rilis pada awal 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here