Beberapa tahun terakhir ini produsen chipset MediaTek terus mengalami penurunan angka penjualan, dimana banyak produsen smartphone asal Tiongkok yang beralih menggunakan chipset buatan Qualcomm. Namun di tahun 2018 mendatang, tampaknya produsen chipset asal Taiwan ini bakal terselamatkan oleh chipset mid-range baru milik mereka yang bernama Helio P40.

Seperti yang dilaporkan Gizmochina, MediaTek baru-baru ini dikabarkan tengah menggarap chipset Helio P40 yang akan menjadi pesaing berat chipset mid-range milik Qualcomm. Helio P40 dikatakan bakal dibangun dengan menggunakan proses manufaktur 12nm TSMC.

Mengapa chipset ini dikatakan akan menjadi penyelamat perusahaan di tahun depan? Hal tersebut karena harga jual dari chipset ini terbilang murah, yakni sekitar $11 hingga $12, dimana pada rentang harga tersebut akan menjadi pesaing berat chipset kelas menengah dari Qualcomm. Sementara Qualcomm dikabarkan tengah menyiapkan chipset baru yang bernama Snapdragon 660 Lite, dimana chip tersebut bakal dibanderol sekitar $15.

Dengan alasan chipset Helio P40 dibanderol lebih rendah ketimbang Snapdragon 660 Lite, MediaTek diharapkan bakal meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Hal tersebut diharapkan dapat mengingkatkan angka pengiriman chipset MediaTek dari 15% di tahun ini menjadi 25% di tahun depan. Beberapa brand smartphone asal Tiongkok seperti Oppo, Meizu, dan Xiaomi dikatakan telah mendaftar untuk chipset Helio P40.

Di sisi lain, laporan tersebut juga menyinggung rencana Qualcomm yang dikatakan menggarap chipset mid-range baru bernama Snapdragon 670. Chipset tersebut dikatakan bakal dibangun dengan proses manufaktur 10nm, yang tentunya bakal menawarkan efisiensi daya yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here