Di tengah banyak orang masih terfokus pada keberadaan arsitektur Coffee Lake, ada kabar yang cukup mengejutkan yang berhembus dari Intel HQ terkait rencana kehadiran salah satu armada chip unggulan terbarunya mendatang yang jauh lebih kuat melampaui heksa core Coffee Lake.

Menurut konfirmasi dari salah seorang perwakilan Eurocom telah terungkap kalau chipset Intel Z390 akan diluncurkan pada paruh kedua (H2) tahun 2018. Hal itu diketahui berkat bocoran peta jalan (roadmap) yang beredar di dunia maya. Tak hanya itu saja, informasi menarik yang juga diungkapkan, adalah akan ada antusiasme CPU yang menggunakan chipset ini yang akan menampilkan 8 core dan 16 thread.

Chip ini digadang-gadang akan bersaing langsung dengan keluarga prosesor AMD Ryzen 7, yang juga tersedia dengan 8 core yang mampu mengeksekusi 16 thread. AMD telah mendapatkan mojonya kembali dengan arsitektur Zen, jadi masuk akal kalau Intel tampaknya masih belum rela posisinya digusur oleh AMD.

Mengingat Coffee Lake sendiri masih belum diluncurkan, maka dapat diasumsikan kalau prosesor Intel terbaru mendatang tersebut boleh jadi akan didukung oleh Z390 saat diluncurkan. Prosesor 8 core/16-thread yang akan didasarkan pada arsitektur 10nm + Ice Lake Intel yang baru tersebut boleh jadi adalah prosesor Core generasi kesembilan, sedangkan Kaby Lake-R, Coffee Lake dan Cannon Lake adalah prosesor Core generasi kedelapan.

Sementara bagi mereka yang tidak sabar menunggu sampai tahun depan untuk meng-upgrade rig idamannya, Intel Coffee Lake yang akan diluncurkan awal bulan depan mungkin bisa menjadi acuannya. Tolok ukur awal menunjukkan kinerja yang cukup menjanjikan bagi Intel Core i7-8700K, yang kabarnya bakal mengusung base clock 3.7GHz dan TDP sebesar 95 watt.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here